Tips

  Blog /Tips

Ketahui Bahaya Membuat Septitank Tidak Sesuai Standar


Setiap rumah tentunya memerlukan septictank. Septictank merupakan area atau tempat khusus yang dibuat dengan fungsi sebagai tempat terakhir dan penimbunan dari berbagai kotoran maupun buangan dari sampah yang dikeluarkan oleh pemilik lainnya. Kemampetan biasanya bisa terjadi karena septictank kondisinya sudah penuh atau banyaknya sampah lain yang ikut tertimbun ke dalam septictank.

 

Selain itu membuat tidak bisa sembarangan. Karena pembuatan yang sembarangan dapat menimbulkan masalah yang bisa datang kapan saja dan dapat mengganggu kesehatan anggota keluarga di rumah. Berikut beberapa masalah dan akibat pembuatan septic tank yang sembarangan antara lain:

  • Ukuran yang kurang (terlalu kecil). Hal ini biasa terjadi di perumahan yang dibuat oleh pengembang ala kadarnya sehingga daya tampung septic tank menjadi cepat penuh.
  • Kurang kuat, sehingga suatu saat mengalami roboh.
  • Terlalu dekat dengan sumber air (sumur bor/ pantek), menjadikan sumber air tersebut tercemar.

 

Untuk melakukan maintenance septictank di rumah dapat menggunakan Septic Tank & Cesspool Treatment sebagai bakteri baik untuk mengurai kotoran di septictank anda

 

Dari kasus di atas kiranya kita dapat menyimpulkan bahwa hal yang penting dalam pembuatan septic tank biasanya menyangkut berapa kedalaman Septic tank yang sesuai setandar SNI, bagaimana membuat desain septic tank yang benar, bagaimana agar septic tank kuat, dan berapa jarak aman septic tank dari sumber air.