Tips

  Blog /Tips

Mudah, Ini Solusi Praktis Mengatasi WC Tersumbat & Mampet


Bagaimana perasaan anda jika WC atau kloset di rumah mampet dan tersumbat ? Tentunya sangat membuat kesal anda sekeluarga. Wajar saja aktifitas harian yang berhubungan dengan WC akan menjadi tertunda. Selain itu, air yang meluap pada kloset di dalam toilet akan menyebabkan aroma yang sangat tidak sedap pada toilet di rumah anda.


Lalu apa penyebab dari WC di rumah anda mampet ? Salah satu penyebab WC mampet di rumah anda antara lain masuknya benda – benda asing yang seharusnya tidak ada di dalam WC sehingga tidak dapat dilebur oleh air. Benda tersebut antara lain : tisu, pembalut wanita dan lain sebagainya. Padahal seharusnya anda tidak perlu memasukan benda tersebut ke dalam kloset.


Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan apabila penyumbatan sudah terjadi di rumah anda :


Cara Pertama : Jangan Menyiram Berulang Kali
Mengapa tidak boleh ? Melakukan penyiraman berulang kali pada kloset di rumah anda tidak akan mengalirkan kotoran ke bawah. Penyiraman bukan solusi karena hanya akan membuat WC anda meluap dan mengotori kamar mandi anda.


Cara Kedua : Menggunakan Sabun Cuci Piring
Anda dapat menggunakan sabun pencuci piring yang cair untuk mengatasi WC tersumbat di rumah anda. Cara ini bisa efektif apabila sampah yang menyumbat WC anda sebatas tissue atau sejenisnya. Caranya adalah tuangkan sabun pencuci piring pada lubang kloset kemudian tuangkan air panas ke dalamnya. Diamkan selama beberapa menit WC anda.


Sabun akan bekerja untuk melonggarkan sumbatan di dalam kloset anda. Setelah didiamkan, siram kloset dengan air volume besar agar sumbatan dapat keluar melalui saluran pembuangan.


Cara Ketiga : Gunakan Baking Soda dan Cuka Putih


Guna baking soda dan cuka putih hanya untuk melonggarkan mampet bukan untuk menghancurkan kotoran yang menyebabkan kemampetan. Cara penggunaannya adalah menuangkan baking soda ke dalam kloset, kemudian tuangkan secara perlahan cuka putih hingga toilet Anda hampir dipenuhi busa-busa. Diamkan beberapa menit, setelah itu siram air panas. Kemudian diamkan semalaman.


Cara Keempat : Soda Api ( tidak direkomendasikan )
Cara ini sangat kami tidak rekomendasikan berulang kali untuk dilakukan. Mengapa ini tidak direkomendasikan? Karena soda api apabila penggunaanya dilakukan secara berulang kali akan membuat pipa saluran WC di rumah anda seperti gambar di bawah ini.

 


Benarkah bahwa soda api membantu permasalahan kemampetan? Banyak memang yang membuktikan namun tahukah anda bahaya menggunakan soda api ? Pipa saluran di rumah akan dibuat penyok / tidak beraturan sehingga anda harus terpaksa mengganti pipa saluran. Hal ini sangat tidak efektif karena itu hanya akan menambah masalah saja sehingga cara ini tidak kami rekomendasikan.


Cara Kelima : Kawat (Plunger)
Selanjutnya anda juga dapat menggunakan kawat (plunger) untuk mengatasi wc mampet. Plunger memang dapat digunakan untuk menarik sampah atau benda yang menyumbat lubang wc anda agar tersangkut pada plunger anda. Atau anda juga bisa menggunakan hanger kawat atau selang panjang untuk menarik benda-benda tersebut. Namun cara ini tidaklah efektif apabila saluran di rumah terlalu panjang atau berbelok.


Cara terbaik adalah menggunakan layanan drain cleaning service dari Roto Rooter. Kami siap membantu anda menangani masalah kemampetan sepert wc mampet dan tersumbat, wastafel mampet, kitchen sink mampet, saluran pembuangan mampet dan masih banyak lainnya. Dengan pengerjaan kurang lebih 2 jam saja, masalah anda akan teratasi sehingga saluran kembali lancar.


Selain itu garansi yang anda dapatkan adalah garansi 1 bulan setelah pekerjaan sehingga anda tidak perlu khawatir dengan layanan after sales dari kami. Segera hubungi Roto Rooter terdekat di kota anda.