Tips

  Blog /Tips

Tagihan Air Anda Membengkak, Pipa Bocor ? Cari Tahu Penyebabnya Disini


Air merupakan sumber energi utama dalam kehidupan manusia. Dengan air kita mendapat kebutuhan air minum, mandi dan berbagai aktifitas kehidupan manusia lainnya. Untuk memenuhi utilitas air khususnya di berbagai daerah, pemerintah menyediakan instansi yang berkaitan langsung dengan kebutuhan air minum seperti PDAM atau melalui instansi swasta lainnya.


Tentunya dengan menggunakan air dari berbagi instansi tersebut akan dikenakan biaya yang biasanya ditagih dalam kurun waktu bulanan atau biasanya disebut dengan tagihan air per bulan. Biaya yang dikeluarkan secara periodik dengan penggunaan yang secara rutin hampir sama sehingga tagihan per bulan sudah dapat diperkirakan. Contoh : satu keluarga dengan 3 orang di rumah dengan tagihan per bulan sebesar 100 ribu rupiah akan sama setiap bulannya atau tidak akan jauh berbeda.


Namun bagaimana apabila tiba-tiba tagihan air menjadi membengkak padahal penggunaan air hampir sama? Tentunya ini akan menghabiskan uang anda setiap bulannya dengan tagihan yang membengkak dan menyebabkan pemborosan. Tentunya anda ingin mencari tahu dan melacak penyebab dari tagihan air anda yang membengkak. Selain itu anda harus segera memperbaiki penyebabnya sehingga tagihan air anda kembali menjadi normal.


Berikut beberapa penyebab umum sehingga tagihan air membengjkak dan cara mengatasinya :


1.    Saluran / Pipa Bocor pada Toilet & Kloset

 

Perlu anda tahu ada fakta menarik dari EPA ( Instansi Lingkungan Hidup di Amerika ) bahwa toilet menyumbang 26,7 % penggunaan air rata-rata rumah di Amerika. Hal ini membuat toilet merupakan penyumbang terbesar penggunaan air di rumah. Toilet bisa menghabiskan 200 galon air dalam satu hari untuk berbagai aktifitas. Perlu dilakukan pengecekan pada toilet anda ada pipa bocor atau tidak, dengan melakukan dua cara berikut :

 

Cara pertama : Pemeriksaan melalui suara yang timbul pada pipa bocor
Cara Kedua : menggunakan pewarna makanan atau pewarna tekstil yang dimasukan ke toilet. Tunggu sampai 15 – 20 menit, lalu kemudian flush toilet. Cek jalur saluran pipa toilet dan apabila terjadi kebocoran, air yang berwarna akan merembes keluar melalui saluran pipa bocor di sekitar toilet.

 

2.    Keran / Shower Bocor


Kebocoran pada keran atau shower adalah penyebab lain dari tagihan air yang membengkak. Semakin besar kebocoran yang terjadi, semakin banyak air yang keluar dan semakin tinggi tagihan airnya. Menurut data EPA, keran yang bocor dengan volume satu tetesan per detik dapat menghabiskan lebih dari 3.000 galon per tahun.

 

Jangan khawatir, ini adalah masalah yang mudah dikenali dan diperbaiki. Dengan melihat kebocoran pada keran, kepala shower dan lain sebagainya. Biasanya kebocoran disebabkan pada pegangan keran sehingga tinggal menggantinya. Atau lebih baik lagi keran tersebut langsung diganti dengan keran yang baru. Masalah langsung teratasi.

 

3.    Instalasi Saluran Pipa Dalam Tanah Bocor


Untuk kasus ini, tentunya akan dibutuhkan penanganan lebih. Anda perlu mengetahui lokasi pipa bocor pada instalasi saluran pipa di dalam tanah. Apakah anda harus melakukan pembongkaran lantai pada semua area sehingga menghabiskan waktu dan biaya yang sangat besar ? Tidak perlu.

 

Roto Rooter akan membantu Anda membantu menemukan lokasi pipa bocor pada instalasi saluran dalam tanah di rumah anda. Dengan layanan deteksi kebocoran pipa ( leak detection ) ini sangat membantu anda untuk menemukan lokasi pasti dimana letak kebocoran pipa yang menyebabkan tagihan air membengkak.

 

Setelah ditemukan lokasi kebocoran pipa tersebut, kami akan merekomendasikan penggantian pipa yang bocor tersebut sehingga tagihan air anda kembali normal dan anda tidak akan dibuat pusing dengan tagihan yang membengkak.(amd/roto)