Tips

  Blog /Tips

MENGAPA PIPA DI TEMPAT ANDA BISA PECAH?


Pipa pecah atau biasa disebut dengan pipa jebol sering terjadi belakangan ini. Baru-baru ini kita mungkin mendengar berita bahwa salah satu mall di Jakarta mengalami pipa pecah sehingga air mengalir ke area mall dan menyebabkan banjir sesaat. Apa yang menyebabkan pipa bisa pecah? Ada sejumlah alasan penyebab pipa di tempat anda dapat mengalami pecah, menyebabkan banjir besar dan masalah kerusakan bagi pemilik tempat. Tapi ada 4 penyebab utamanya, antara lain :


SUHU DINGIN
Cuaca dingin dapat menyebabkan masalah serius ketika mempengaruhi pipa pasokan air di tempat Anda. Meskipun suhu dingin umumnya menyebabkan benda berkontraksi, es memiliki volume lebih banyak daripada air sehingga ketika air membeku di dalam pipa, ia mengembang dan meningkatkan tekanan di dalam pipa. Tekanan bangunan perlu melarikan diri sehingga secara harfiah meletus keluar dari pipa. Namun ini jarang terjadi di Indonesia karena cuaca di Indonesia yang cenderung tropis.


TEKANAN AIR
Mempertahankan tekanan air yang normal sangat penting agar pipa pasokan air Anda berfungsi dengan baik. Peningkatan tekanan air yang signifikan dapat menyebabkan pipa pecah atau perlengkapan pipa yang gagal seperti faucet atau toilet. Saat tekanan meningkat, pipa tidak akan bisa menahannya, menyebabkan pecah. Jika Anda menduga tekanan air Anda terlalu tinggi, Anda bisa memeriksanya dengan memasang pengukur tekanan ke cerat wastafel dan menyalakan faucet. Tekanan akan menggerakkan jarum pada alat ukur dan menampilkan tekanan air dalam psi (pon per inci persegi). Tekanan air di sebagian besar rumah adalah antara 30-50 psi dan dalam banyak kasus seharusnya tidak melebihi 60 psi untuk menghindari kerusakan pada pipa dan perlengkapan pipa. Jika tekanan air di rumah Anda terlalu tinggi, tukang ledeng dapat memasang katup penurun tekanan untuk menyesuaikannya ke tingkat yang lebih aman.


KOROSI
Pipa dimaksudkan untuk bertahan lama, dan sebagian besar dari mereka menyediakan beberapa dekade layanan yang dapat diandalkan. Namun, itu tidak berarti pipa akan bertahan tanpa batas. Kadang-kadang tahun korosi bangunan lambat akan menyebabkan pipa gagal. Korosi dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan pH di air, masalah kecil pada awalnya yang dari waktu ke waktu menjadi lebih mengambil tol pada pipa air. Jika Anda memiliki air keras dan pipa pasokan air Anda terbuat dari besi galvanis, mineral di dalam air perlahan-lahan melunturkan lapisan galvanis (yang itu sendiri dapat menyebabkan keracunan timbal yang berbahaya) dan mengekspos pipa besi di bawahnya. Belakangan, besi berubah menjadi karat (oksida besi) dan secara bertahap menyempitkan diameter pipa sehingga air hampir tidak bisa menembus pipa. Pipa Anda mungkin meledak atau mungkin hanya menutup sendiri dan melarang aliran air sama sekali.


Jika Anda mengalami kebocoran pipa, penting untuk menentukan penyebab pasti untuk mencegah masalah dari berulang. Roto-Rooter siap membantu anda dan berpengalaman dapat memeriksa saluran air Anda, menentukan tekanan air di rumah Anda, dan membuat penyesuaian yang diperlukan.