Tips

  Blog /Tips

Kloset Gantung ? Cek Kelebihan & Kekurangannya Disini


Jenis kloset yang kita kenal selama ini adalah kloset duduk & jongkok. Sudah tahukah anda tentang kloset gantung? Kloset gantung untuk sebagian kalangan masih merupakan hal yang baru khususnya di Indonesia. Kloset jenis ini merupakan kloset duduk yang dipasang langsung pada dinding sehingga menimbulkan kesan yang lebih berkelas, mewah dan elegan. Model kloset seperti ini sangat menarik perhatian walaupun penggunaan belum banyak.


Apa saja kelebihan dan kekurangan dari model kloset gantung ini? Berikut ulasannya


KELEBIHAN


Efisien Tempat
Model dasar dari kloset ini adalah minimalis yang kemudian tampak praktis dan efisien dalam penggunaan area tempat pemasangan. Tidak perlu banyak luas ruang yang digunakan namun tetap nyaman dalam pemakaian kamar mandi dan mewah dari segi arsitektur.


Fleksibilitas Pengaturan Ketinggian
Kita mengenal kloset yang biasa dipasang dengan standar ketinggian tertentu, tidak bisa diubah atau menempel dengan lantai kamar mandi. Kloset gantung ini bisa ditentukan ketinggian kloset saat dipasang untuk memaksimalkan kenyamanan penggunanya.


Pembersihan Yang Mudah
Pernah mengalami kesulitan dalam membersihkan area kloset terutama diarea pojok antara lantai dengan kloset ? Jangan khawatir dengan kloset gantung ini semua area bisa dibersihkan dengan mudah dan sangat simpel untuk dilakukan.


KELEMAHAN


Pemasangan Yang Tidak Mudah
Untuk kloset biasa, para pekerja biasanya melakukan pemasangan cukup dengan meletakan kloset di atas lantai kamar mandi dengan saluran yang sudah tersedia. Untuk kloset gantung sendiri pemasangannya tidak mudah karena saluran air terletak di dalam dinding. Karena kloset gantung tidak dipasang di lantai sehingga akan menempel pada dinding dengan kondisi konstruksi yang sangat kuat dan dapat menahan beban tubuh dan menopang berat badan.


Rumit Dalam Perawatan
Untuk kloset gantung selain pembersihan pada kloset dan saluran pembuangannya, perawatan dilakukan pada mekanisme alat yang umumnya dengan teknologi tinggi yang apabila terjadi kerusakan akan sangat sulit untuk diperbaiki.


Harga Unit & Perawatan Tinggi
Harga per unit kloset ini biasanya dibanderol sangat tinggi, bisa 2 kali harga kloset duduk biasa. Dengan dilengkapi teknologi sepertu penyiraman otomatis dan pengeringan otomatis akan jauh lebih mahal lagi. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan apabila terjadi kerusakan yang cukup menguras kantong.


Perbaikan Sulit
Kerusakan kloset pada jenis ini akan sangat sulit untuk diperbaiki. Perlu melakukan pembongkaran pula pada dinding kamar mandi. Ada produsen atau vendor yang menawarkan untuk pemasangan dinding palsu untuk menyamarkan dinding yang rusak, namun sama saja. Dinding palsu ini harus dibongkar dan dipasang kembali


Seperti inilah beberapa kelebihan dan kekurangan kloset gantung. Anda ingin menggunakannya? Atau hanya tetap pada kloset yang sudah ada? Semua pilihan ada di tangan anda.