Tips

  Blog /Tips

BAGAIMANA CARA PERAWATAN FLOOR DRAIN ? CARI TAHU DISINI !


Pada saluran air khususnya untuk rumah tangga dan di dalam ruangan, kita masih suka mengabaikan keberadaan floor drain. Floor drain merupakan saluran air menuju ke pembuangan yang rata dengan permukaan lantai biasanya. Kita dapat menemukan floor drain ini di beberapa area antara lain : kamar mandi, laundry room, garasi, teras, halaman dan masih banyak lagi lainnya. Memasang floor dapat dilakukan dimana saja karena berfungsi untuk mengalirkan air secara cepat dan efisien menuju ke saluran pembuangan akhir atau biasanya selokan., di mana drainase air yang cepat dan efisien dibutuhkan.

 

Sebagian besar pemilik rumah atau tempat lainnya tidak terlalu memikirkan tentang pemeliharaan floor drain mereka. Akibat dari kurangnya kesadaran tersebut, dapat membuat saluran menjadi tersumbat. Banyak masalah yang dapat dihindari dengan melakukan perencanaan dan perawatan secara mudah. Dengan perawatan yang mudah ini, akan membantu anda untuk memastikan bahwa anda telah mencegah berbagai masalah antara lain saluran meluap / banjir, air tidak mengalir/surut dan lainnya.

 

SERING MENGISI AIR PADA PERANGKAP FLOOR DRAIN ( TRAP )

Floor Drain dalam ruangan menangkap luapan dari bak cuci, toilet, bak mandi, pemanas air, mesin cuci, dll. Floor Drain luar ruangan dengan cepat memindahkan air dari permukaan selama dan setelah hujan deras. Apakah di dalam atau di luar ruangan, Floor Drain dirancang untuk mengalirkan air secara efisien dan aman ke selokan atau saluran pembuangan kota sehingga lantai tetap kering dan ruangan tidak banjir.

 

Tujuan perangkap adalah untuk mencegah bau selokan dan gas masuk ke saluran pembuangan dan masuk ke rumah Anda. Pastikan untuk mengisi perangkap ini secara teratur untuk memastikan mereka bekerja sebagaimana mestinya - cukup tuangkan satu galon air ke bawah setiap Floor Drain di rumah Anda. Air akan mengisi jebakan, membentuk penghalang antara rumah Anda dan sistem saluran pembuangan Anda.

 

BERSIHKAN SAMPAH SESERING MUNGKIN

Banyak jenis puing-puing yang dikumpulkan di lantai Anda, dari rambut hewan peliharaan hingga kelinci debu, semuanya beresiko berakhir dan berpotensi menyumbat Floor Drain kita. Tanda pertama dari penyumbatan drain adalah jika surut perlahan-lahan. Jika Anda menangkap penyumbatan di awal, bersihkan secepatnya untuk mengurangi risiko banjir. Biasanya, beberapa pompa yang kuat dengan plunger dapat membersihkan penyumbatan kecil itu. Jika tidak, cobalah menuangkan larutan soda kue dan cuka ke saluran pembuangan. Jika Anda memiliki auger saluran, masukkan kabel ke saluran pembuangan sampai Anda menemukan hambatan, kemudian putar kabel dan coba putar kembali apa pun yang menyumbat saluran pembuangan.

 

BERSIHKAN DRAIN ANDA SECARA TERATUR

Setidaknya sekali setiap kuartal, periksa saluran air Anda untuk membersihkan dan bersihkan mereka. Jika perlu, gunakan cairan pembersih yang aman, atau jika saluran air Anda belum dibersihkan, gunakan jasa drain cleaning dari Roto-Rooter di Indonesia untuk melakukan pekerjaan itu untuk Anda. Ini juga ide yang baik untuk menjadwalkan pembersihan drain profesional setiap tahun untuk mencegah penyumbatan dan menjaga saluran Anda tetap berjalan.