Tips

  Blog /Tips

Mengapa Kloset Duduk Memiliki Dua Tombol ?


Apabila kita perhatikan secara seksama, kloset duduk memiliki tombol kloset berjumlah dua. Dalam satu tempat, satu tombol memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan tombol lainnya. Sudah tahukah anda fungsi dari kedua jenis tombol kloset ini?.

 

Menurut para pakar, tombol kloset ganda ini biasanya disebut dengan dual flush button. Tombol ganda ini tidak hanya memiliki perbedaan pada ukuran saja, namun memiliki fungsi yang juga berbeda. Namun terkadang kita sering kali menekan kedua tombol secara bersamaan.

 

Disadur dari dokter sehat, sistem dual flush button ini ditemukan oleh Bruce Thompson, salah satu pekerja yang berasal dari perusahaan produsen peralatan kamar mandi bernama Caroma yang ada di Australia pada tahun 1980 silam. Setiap tombol akan mengeluarkan jumlah air yang berbeda ketika kita akan menyiram toilet. Tombol yang kecil berfungsi untuk menyiram toilet setelah buang air kecil. Sementara itu, tombol yang besar berfungsi untuk menyiram toilet setelah buang air besar.

 

Sebagai informasi, tombol besar bisa mengeluarkan 6 hingga 9 liter air agar kotoran buang air besar bisa benar-benar disiram. Sementara itu, tombol kecil hanya akan mengeluarkan 3-4 liter air yang dianggap sudah cukup untuk menyiram air seni setelah buang air kecil.

 

Sejak beberapa dekade silam, para ahli memang sudah memikirkan cara untuk menghemat air demi menjaga keseimbangan alam. Penemuan dual flush button ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusinya. Sayangnya, tidak banyak orang yang menyadarinya dan cenderung tetap memakai tombol besar atau bahkan memencet keduanya dengan bersamaan meski hanya buang air kecil.

 

Melihat adanya fakta ini, jangan lagi salah memencet tombol toilet jika kita menggunakannya untuk buang air agar kita tidak lagi membuang air terlalu banyak dengan percuma.