Tips

  Blog /Tips

Jangan Salah, Ketahui Berbagai Jenis Pipa Berikut Ini


Sudah tahukah kamu berbagai jenis pipa yang digunakan untuk saluran dalam berbagai aplikasi seperti untuk kamar mandi, saluran air panas, dan masih banyak lainnya. Yuk kenali berbagai jenis pipa berikut ini :

1. Pipa PVC

Pipa yang terbuat dari plastik dan beberapa kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dan tidak gampang dirusak. Pipa PVC juga tidak berkarat atau membusuk. Oleh karena itu, PVC ini paling sering digunakan dalam sistem irigasi/perairan dan pelindung kabel.

Pipa ini sering digunakan untuk berbagai aplikasi biasanya untuk perumahan seperti saluran air bersih, saluran air kotor dan saluran lainnya

2. Pipa PPR

Keunikan karakteristik material ini adalah tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah dan tahan terhadap tekanan tinggi. Dari karakteristiknya dapat kita ketahui material PPR digunakan untuk membuat pipa yang dapat mengalirkan air panas dan air dingin bertekanan.

Penggunaan pipa ini untuk berbagai aplikasi seperti untuk sanitasi, saluran zat kimia asam, saluran air minum dan banyak lainnya.

3. Pipa Galvanis

Pipa galvanis adalah pipa yang memiliki lapisan seng sebagai zat kimia yang dapat menghalangi pipadari korosi. Sehingga pipa galvanis dapat bertahan di dalam ruangan yang berlembab dan tidah mudah berkarat. Proses pembuatan pipa galvanis, bahan baja direndam ke dalam lelehan seng.

Pipa ini biasanya digunakan untuk konstruksi perumahan atau bangunan lainnya.

4. Pipa HDPE

Pipa HDPE – High Density Polyethylene Pipa HDPE adalah pipa plastik bertekanan yang banyak digunakan untuk pipa air dan pipa gas.