Tips

  Blog /Tips

Plunger, Peralatan Mudah Untuk Mengatasi Saluran Pencuci Piring Mampet


Salah satu aktifitas sehari-hari yang dilakukan oleh ibu rumah tangga tentunya mencuci piring di rumah. Permukaan tempat cuci piring akan menjadi kotor karena digunakan untuk membersihkan peralatan makan kotor maupun bahan makanan yang siap diolah. Namun tidak hanya permukaannya saja, pembuangan cuci piring juga ikut menjadi kotor. Kotoran yang sering menempel pada saluran cuci piring antara lain sisa makanan, bahan sayuran dan lain sebagainya. Hal ini bisa membuat saluran cuci piring menjadi tersumbat dan menimbulkan bau tidak sedap.


Harap waspada! Saluran cuci piring bisa menjadi tempat kuman dan bakteri berkembang biak. Jika ini dibiarkan dan tidak dibersihkan secara sempurna akan ikut mencemari sekitar area saluran dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan keluarga di rumah. 


Ada cara yang tepat untuk bisa mengatasi saluran cuci piring yang tersumbat tanpa menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan yaitu dengan plunger. Peralatan sederhana ini dapat ditemukan di toko-toko peralatan rumah dan penggunaannya pun sangat mudah. Berikut cara penggunaan plunger :

 

●      Ambil plunger dan letakkan di ujung saluran pembuangan air yang ada di permukaan tempat cuci piring.
●      Pastikan plunger menutupi lubang pembuangan air tadi secara keseluruhan.
●      Tarik–tarik plunger dengan kuat hingga 5 – 10 kali untuk membuat kotoran dan sisa makanan yang menempel di sisi–sisi selang pembuangan air terlepas dan mudah dibersihkan nantinya.
●      Jika sudah, singkirkan plunger dari lubang saluran pencuci piring tadi dan hidupkan air keran untuk mendorong kotoran dan sisa makanan yang sudah terangkat ke saluran pembuangan.

 

Namun apabila anda sudah menggunakan plunger dan masalah belum teratasi, segera panggil Roto Rooter sebagai #1 Indonesian Plumbing & Drain Service yang akan membantu mengatasi saluran mampet di tempat anda antara lain : wastafel, kamar mandi, kloset, kitchen sink, dan saluran lainnya.
Tips dari sunlight