Tips

  Blog /Tips

ECO-FRIENDLY CLOSET : TIPS MEMILIH KLOSET RAMAH LINGKUNGAN


Sudahkah anda mengetahui berapa banyak air yang anda gunakan dalam menggunakan kloset? Menurut U.S. Environmental Protection Agency, setiap kali menyiram kloset adalah menggunakan 6 liter air. Namun untuk model kloset yang lebih lama bisa menggunakan 12 liter sampai 24 liter sekali menyiram kloset. Apabila anda memiliki keluarga besar, ini akan menjadi masalah karena penggunaan air anda menjadi sangat tinggi.

Dengan memilih kloset yang eco-friendly atau ramah lingkungan bisa menurunkan tagihan penggunaan air dan memberikan dampak yang baik bagi lingkungan yaitu penghematan air. Berikut beberapa tips memilih kloset ramah lingkungan yang bisa anda pertimbangkan:

1. PENGGUNAAN AIR

Minimalkan konsumsi air Anda dengan memilih kloset hemat air. Kloset low-flush menggunakan jumlah air yang berkisar dari 3 liter sampai 5 liter air sekali flush. Beberapa Kloset bahkan memiliki beberapa tombol untuk menyiram kotoran padat atau kotoran cair.

2. JENIS FLUSH KLOSET

Jika Anda berpikir hanya ada satu jenis mekanisme flush untuk setiap kloset, pikirkan lagi. Jenis kloset banyak yang berbeda dengan dilengkapi berbagai pilihan flush kloset. Beberapa jenis mekanisme flush kloset meliputi:

•    Vacuum assisted.
•    Jet siphon.
•    Double cyclone.
•    Gravity aided.

Penjelasan lebih detail bisa cek di berbagai vendor kloset pilihan anda.

3. BENTUK KLOSET

Kloset dasar memiliki tangki, kursi, dan bagian bawah melengkung yang meruncing ke lantai. Namun, bentuk kloset anda rata-rata berubah. Misalnya, anda dapat menemukan Kloset dan jamban tanpa tangki, ramah lingkungan dengan alas yang rata di sekeliling bagian bawah. Kloset dengan desain mulus dan mulus ini jauh lebih mudah dibersihkan. Anda tidak lagi harus mencoba untuk membersihkan setiap sudut atau celah - sebaliknya Anda dapat menggesek sikat pembersih ke sisi mangkuk dan selesai.

Jika Anda ingin bentuk minimalis di rumah Anda, ada juga pilihan untuk kloset ramah lingkungan yang terpasang di dinding. Desain ini tidak memiliki tangki atau alas, dan sebagai gantinya Anda dapat memasang mangkuk kloset langsung ke dinding untuk menghemat ruang.

4. TIPS LAINNYA

Anak-anak kecil terkadang tidak benar dalam meletakkan tutup kloset dengan pelan ketika selesai di kamar mandi. Jika anda tidak ingin terus-menerus mendengar bagian tutup kloset dibanting, cari kloset dengan bentuk tempat duduk dan tutup kloset yang lembut. Dengan perangkat ini terpasang, Anda akan selalu memiliki kamar mandi yang sunyi.

Penempatan handle kloset adalah aspek lain yang perlu diingat. Kebanyakan kloset memposisikan pegangan flush di samping tangki kloset, tetapi ada pilihan lainnya. Handle flush kloset ini biasanya terletak di atas tangki di tengah. Jika Anda ingin lebih tidak ingin merubahnya, pilih handle flush di samping, tetapi jika anda ingin mencoba hal baru, pilih handle flush di atas tangki.

Apabila anda sudah menemukan kloset pilihan, namun anda masih bingung untuk melakukan pemasangannya. Segera hubungi Roto-Rooter terdekat dari kota anda untuk membantu masalah pemasangan kloset di rumah anda.