Tips

  Blog /Tips

INFORMASI PENTING! JENIS AIR LIMBAH DI SEKITAR KITA


Oh tidak! Anda pernah mengalami saluran meluap atau banjir di pembuangan limbah rumah Anda. Apa yang terjadi selanjutnya? Langkah-langkah yang akan Anda ambil untuk mulai menangani permasalahab saluran air di rumah Anda sangat bergantung pada jenis air limbah yang Anda hadapi.

LIMBAH AIR HITAM (BLACKWATER)

Blackwater mengacu pada air limbah yang terkontaminasi dengan kotoran manusia. Blackwater berasal dari toilet flush dan kloset, dan mengandung kotoran manusia seperti urin dan tinja serta kertas toilet. Blackwater juga dapat mencakup air dari bak cuci bahan makanan, mesin pencuci piring dan sumber lainnya. Limbah mentah diklasifikasikan sebagai blackwater. Blackwater adalah surga bagi bakteri dan patogen berbahaya yang harus terurai sepenuhnya sebelum dilepaskan ke lingkungan. Air limbah ini juga dapat terkontaminasi dengan bahan kimia dan partikel terlarut, membuat kontak lebih berbahaya.

Ketika saluran meluap, air blackwater adalah yang paling berbahaya dan paling merusak. Karena kondisi air yang sangat tidak bersih, benda berpori dan penyerap seperti karpet, pelapis dan drywall seringkali tidak dapat terhindarkan. Kontak dengan blackwater melalui konsumsi atau kontak kulit dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan peliharaan.

Jika Anda curiga bahwa situasi meluap rumah Anda melibatkan air limbah atau blackwater, disarankan untuk menghubungi tukang ledeng profesional untuk menilai situasinya sebelum mencoba untuk mulai memperbaikinya sendiri.

LIMBAH AIR ABU-ABU (GREYWATER)

Greywater, atau sullage, mengacu pada air limbah yang tidak terkontaminasi dengan kotoran. Sejauh air limbah rumah tangga mengalir, greywater dapat mencakup air dari bathtub dan shower, mesin cuci, mesin pencuci piring, dan bak cuci. Biasanya mengandung lebih sedikit patogen daripada blackwater dan dapat digunakan kembali untuk tujuan yang tidak dapat diminum, seperti pembilasan toilet. Greywater masih mengandung sejumlah kecil kontaminan dan dapat menyebabkan penyakit jika tertelan.

Saluran meluap oleh greywater dapat disebabkan oleh peristiwa cuaca, perlengkapan pipa yang meluap atau alat atau bahkan pipa yang rusak. Jenis greywater ini dapat memenuhi karpet, furnitur dan drywall. Jika Anda mengalami saluran meluap di rumah dengan greywater, berhati-hatilah saat memulai proses pembersihan. Pakailah alat pelindung, dan jauhkan anak-anak, hewan peliharaan, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang jauh dari daerah saluran yang meluap. Jika area luapan meluas, seperti beberapa inci air di ruang bawah tanah, disarankan untuk menyewa profesional untuk membersihkan dan mendekontaminasi area tersebut dengan aman. Pembersihan harus segera dimulai - greywater dapat menjadi blackwater hanya dalam waktu 48 jam.

AIR BERSIH

Air luapan yang tidak mengancam kesehatan langsung dikenal sebagai air bersih. Tampak jelas, bukan? Luapan  air bersih dapat disebabkan oleh peralatan yang tidak berfungsi, tangki penampung toilet, dan salju yang mencair dan air hujan. Luapan air bersih umumnya aman bagi Anda untuk membersihkan diri, tetapi ingat - waktu adalah faktor penting. Air bersih bisa menjadi greywater hanya dalam waktu 48 jam.