Tips

  Blog /Tips

Jangan Gunakan Soda Api Kalau Pipa Anda Tidak Mau Seperti Ini !


Anda mungkin sudah tidak asing dengan soda api. Dikenal sebagai Natrium Hidroksida (NaOH) merupakan sejenis basa logam kaustik yang terbentuk dari oksida basa Natrium Oksida yang dilarutkan dalam air. Zat ini biasa digunakan dalam produksi deterjen, tekstil, bubur kayu maupun kertas.

Sering kita mendengar bahwa apabila terjadi kemampetan saluran pada pipa, kita bisa menggunakan soda api agar saluran kembali lancar. Mitos ini tidak sepenuhnya benar karena ada bahaya soda api yang akan menimbulkan masalah selanjutnya. Bahaya dari soda api antara lain :

1. Bahaya untuk kulit
Jika kulit anda terkena soda api, maka kulit anda akan terasa seperti panas atau melepuh. Hal ini sangat berbahaya untuk tubuh anda dan tentunya perlu perawatan khusus di rumah sakit / dokter spesialis untuk menyembuhkannya. Kami sangat tidak merekomendasikan penggunaan soda api ini.

2. Bahaya untuk anak
Terkadang kita tidak sadar meletakkan soda api ini di area yang bisa terjangkau oleh anak, antara lain di dekat kamar mandi atau di area lainnya. Apabila anak kita menemukan soda api tersebut dan tidak sengaja terkena tubuhnya tentunya akan berbahaya. Jangan sampai soda api ini ada di rumah anda dan anda letakkan sembarangan.

3. Bahaya untuk pipa
Soda api banyak digunakan untuk melancarkan saluran pipa yang mampet adalah salah, kenapa? Anda bisa cek pada gambar bahwa soda api yang bersifat menimbulkan panas akan membuat pipa anda melepuh dan apabila penggunaan dilakukan secara terus menerus akan membuat pipa anda bengkok atau pecah. Masalah baru akan timbul yaitu pipa aliran air tidak akan berfungsi dengan baik atau anda akan hanya menambah biaya apabila melakukan penggantian pipa.

bahaya soda api

Cara yang benar untuk melancarkan saluran mampet adalah dengan menghubungi jasa plumber bersertifikasi yaitu Roto Rooter. Dengan hadir di beberapa wilayah Indonesia, Roto Rooter siap membantu mengatasi masalah-masalah pipa anda dengan cepat dan tepat.