Tips

  Blog /Tips

KETAHUI GEJALA YANG TIMBUL AKIBAT KEBOCORAN PADA PIPA


Pipa penghantar air khususnya pipa air bersih biasanya terletak di dalam tanah atau di dalam tembok. Hal ini tentunya akan menyulitkan apabila terjadi kebocoran karena posisi pipa yang tidak terlihat. Banyak faktor yang menyebabkan kebocoran pipa terjadi seperti pipa sudah korosi, pemasangan sambungan pipa yang tidak benar, terkena benda tajam atau lain sebagainya. Kemudian bagaimana mendeteksi kebocoran pada pipa tersebut?

Anda perlu mengenali gejala-gejala kebocoran pipa khususnya pipa air bersih, yaitu :

1. Pompa Menyala Mati Secara Terus Menerus
Gejala ini adalah gejala yang sering timbul akibat pipa yang bocor. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan memanggil tukang pompa yang anda percaya. Langkah ini untuk memastikan tidak ada komponen pompa yang rusak. Apabila tukang pompa sudah memastikan tidak ada yang rusak, besar kemungkinan kebocoran terjadi pada pipa air anda.

2. Tagihan Layanan Penyedia Air Membengkak
Anda tentu sangat kaget apabila menerima tagihan yang harus anda bayar lebih mahal dibandingkan dengan tagihan sebelumnya. Anda dapat mengkonfirmasi ini ke pihak layanan penyedia air di tempat anda apakah ada penggunaan yang berlebihan atau ada permasalahan lainnya. Apabila tidak terjadi masalah, kebocoran pipa bisa terjadi di tempat anda.

3. Meteran Layanan Penyedia Air Memutar Terus Padahal Tidak Ada Penggunaan Air
Penggunaan air melalui layanan penyedia air di tempat anda biasanya menggunakan meteran air untuk pemantauan penggunaan air dan lainnya. Meteran air yang memutar terus menerus padahal tidak ada penggunaan atau semua keran telah dimatikan memungkinkan terjadi bocor pipa. Untuk memastikannya anda bisa menghubungi ke pihak layanan penyedia air di tempat anda apakah meteran yang digunakan telah rusak atau masih berfungsi dengan baik.

4. Penampungan Air Cepat Habis Walau Tidak Ada Penggunaan Air
Ini tentunya akan sangat merepotkan apabila terjadi di tempat anda. Penampungan air yang cepat habis walau tidak ada penggunaan akan menyebabkan boros air dan anda harus mengisi ulang air di penampungan secara terus menerus. Bisa jadi ini indikasi pipa bocor di tempat anda.

Apabila gejala-gejala diatas terjadi di tempat anda, pastikan anda menghubungi jasa layanan pendeteksi kebocoran pipa yang profesional untuk membantu menemukan titik kebocoran pipa di tempat anda. Hubungi Roto Rooter sekarang juga! dan kami siap membantu anda menemukan titik kebocoran yang tempat tanpa perlu melakukan banyak pembobokan di seluruh area sekitar tempat anda.