Tips

  Blog /Tips

Astaga… Mengapa Air Tidak Mau Keluar Dari Kerannya ?


Anda akan mengalami peristiwa yang sangat menjengkelkan ketika membutuhkan air namun air tidak keluar keran. Hal ini akan mengganggu aktifitas anda dan keluarga seperti mandi, mencuci, dan lain sebagainya dan sangat membuat anda repot. Hal ini bisa terjadi karena saluran pipa air bersih di tempat anda mengalami kemampetan.

Lakukan pengecekan awal untuk mengetahui sumber penyebab dari air yang tidak keluar dari keran. Anda bisa melakukan pengecekan sistem distribusi atau persoalan dari suplai airnya. Apabila anda menggunakan air tanah, anda perlu melakukan pengecekan pada tangki air atau biasa disebut toren air bermasalah atau tidak.

Anda juga harus memastikan untuk jalur distribusi sistem air tanah di rumah anda berjalan dengan baik dengan melakukan langkah pengecekan berikut :

1. Pemeriksaan keran
Keran di rumah apabila sudah terlalu lama digunakan kemungkinan akan rusak. Anda bisa cek keran anda masih berfungsi atau tidak. Masalah pada keran biasanya juga terjadi karena ada sumbatan pada keran. Anda bisa melakukan hal mudah dengan membuka komponen keran satu persatu. Bersihkan yang bisa memungkin menjadi masalah keran seperti butiran pasir halus.

Tetapi apabila masalahnya lebih berat seperti kerak membandel dan tidak dapat dibersihkan, jalan satu-satunya adalah mengganti keran tersebut dengan keran yang baru.

2. Pemeriksaan Pompa
Pemeriksaan pada pompa bertujuan untuk memastikan kondisi pompa tidak rusak. Anda bisa menghubungi tukang pompa terpercaya anda untuk memastikan hal ini. Kemudian jika anda menggunakan Perusahaan Air Minum (PAM/PDAM), kemungkinan besar sumber masalah merupakan dari perusahaan penyuplai air di tempat anda ini. Anda bisa menghubungi pihak perusahaan untuk mendapatkan bantuan terkait penanganan masalah yang anda hadapi.

Sumbatan yang terjadi pada pipa adalah penyebab air tidak keluar dari keran. Anda bisa menghubungi jasa professional Roto-Rooter di wilayah anda untuk membantu mengatasi sumbatan yang terjadi pada pipa air bersih anda sehingga anda tidak perlu kebingungan lagi untuk menggunakan air dalam aktifitas sehari-hari anda.

Happy Plumbing :)