Tips

  Blog /Tips

Sudah Masuk Musim Penghujan, Segera Periksa Saluran di Rumah Anda


Pada bulan Oktober 2019, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan selama bulan ini di seluruh wilayah Indonesia masih dalam kategori rendah hingga sedang.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG Indra Gustari mengatakan hujan kategori sedang berada di wilayah utara. Daerah yang berpotensi hujan adalah Aceh dan Sumatra Utara, sebagian Kalimantan, sebagian Sulawesi, dan Papua. (cnn)

Namun tidak ada salahnya walaupun di wilayah anda curah hujannya masih rendah, anda dapat sesegera mungkin untuk melakukan pemeriksaan saluran di tempat anda. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan :

1. Rooftop / atap rumah anda
Pada bagian atas anda bisa melakukan pengecekan di area rooftop atau di atap rumah anda. Periksa bagian saluran pembuangan air hujan dari atas rumah anda sampai ke bawah dan pastikan bahwa air dapat terdistribusi dengan lancar. Hal ini bisa dipastikan dengan anda menuangkan air beberapa ember dan pastikan air tidak meluap.

Apabila ada sampah-sampah seperti daun-daun dan lain sebagainya anda bisa membersihkannya terlebih dahulu agar tidak menumpuk pada saluran. Jangan lupa untuk memasang tutup roof drain agar sampah-sampah tidak mudah masuk ke dalam saluran rooftop anda.

2. Saluran area dalam rumah
Saluran di dalam rumah tentunya banyak sekali yang anda bisa lakukan pengecekan. Mulai dari saluran kamar mandi, saluran untuk cuci baju, saluran dapur dan masih banyak lagi. Anda bisa menuangkan banyak air dan pastikan air tidak meluap.

Anda bisa melakukan pembersihan kecil apabila terdapat kotoran-kotoran di dalam saluran rumah anda agar tidak menutup. Pastikan tutup floor drain atau saringan terpasang dengan rapi dan baik.

3. Saluran area luar rumah
Di rumah anda yang memiliki garasi, halaman depan, halaman belakang dan lainnya anda wajib melakukan pemeriksaan saluran secara rutin dan berkala. Mengapa? Karena saluran area di luar rumah merupakan area yang tanpa halangan masuk air hujan sehingga distribusi air hujan menjadi lebih banyak.

Bersihkan saluran-saluran di area luar rumah anda, periksa tutup saluran atau saringan terpasang dengan baik dan lakukan pengecekan dengan menuangkan air yang cukup banyak. Pastikan saluran air lancar dan tidak akan banjir. Karena apabila terjadi luapan atau banjir di area luar rumah anda tentunya bisa merepotkan anda.

Apabila anda belum yakin dengan area saluran rumah, anda bisa menghubungi jasa plumbing professional Roto-Rooter yang terdekat dari wilayah anda untuk membantu menangani permasalahan saluran dan membantu pengecekan saluran agar anda siap menghadapi curah hujan di wilayah anda.