Tips

  Blog /Tips

Waspada! Septic Tank Mengandung Bahan Gas Peledak dan Bagaimana Pencegahannya?


Baru-baru ini Jakarta dikagetkan dengan septictank yang meledak dan menjatuhkan korban seorang korban yaitu petugas penyedot tinja atau WC di kawasan Cakung Jakarta Timur. Dilansir dari CNN, kesaksian warga Kapling O, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, petugas yang bertugas juga sebagai sopir tersebut meninggal karena terjatuh ke septictank dan menderita luka bakar di wajah.

Neni Sintawardani, Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menginformasikan bahwa kebakaran tersebut kemungkinan besar terjadi karena akumulasi gas metana yang terperangkap di dalam septic tank. Timbul ledakan seperti bom bisa terjadi jika gas metana di dalam septic tank tersulut api dan tercampur dengan udara.

"Secara logika sains, di dalam septic tank itu ada gas metana yang mudah terbakar dan dibakar. Kejadian di Cakung kemungkinan besar aliran gasnya tersumbat atau malah tidak ada," ujar Neni kepada CNN



Metana merupakan senyawa hidrokarbon fraksi ringan yang tidak beracun namun memiliki karakteristik mudah terbakar. Gas metana ini biasa digunakan dalam pembuatan gas alam atau LNG (Liquid Natural Gas) dan bisa difungsikan sebagai pembangkit listrik.

Bagaimana metana bisa ada di dalam septic tank ?
Proses pembuangan kotoran manusia melalui kloset menuju ke septic tank. Kotoran akan mengendap di dalam septictank dan akan diurai oleh mikroorganisme. Proses penguraian ini akan menghasilkan uap air dan gas. Gas metana tersebut akan terakumulasi di dalam septic tank.

Bagaimana pencegahan agar septic tank tidak meledak ?
Beberapa hal bisa mencegah agar gas di dalam septic tank tidak meledak antara lain :
1. Saluran gas septic tank jangan sampai tertutup agar gas bisa keluar
2. Saluran gas septic tank dibuat jauh dari lokasi yang berpotensi menimbulkan kebakaran

Untuk perawatan septic tank, anda juga bisa menggunakan Roto Rooter Drain Care Product yaitu Septic Tank Cesspool Treatment atau Septic Tank Leach Field Treatment. Kedua produk tersebut berfungsi untuk mempertahankan sistem septic tank yang sehat dan membantu penguraian dengan bakteri baik sehingga sistem aliran septictank lebih lancar.

Happy Plumbing :)