Tips

  Blog /Tips

Pengolahan Limbah Septic Tank Bisa Jadi Air Bersih, Eits Tapi Jangan Diminum Ya…


Anda sudah tahu belum, bahwa hasil sedot tinja WC anda tidak boleh dibuang sembarangan. Pemerintah telah menyediakan area untuk pembuangan limbah tersebut untuk diolah kembali. Jika telah dibuang ke area yang disediakan, limbah tersebut akan diolah dan disaring. Pengolahan ini akan dipisah dengan fungsinya yaitu bisa menjadi pupuk atau diproses menjadi bersih.

Saat ini sudah ada teknologi yang dapat mengolah limbah tinja sampai menjadi air bersih. Salah satu teknologi tersebut antara lain menggunakan PAL-Andrich Tech System. Teknologi ini dikembangkan oleh PT MJH Lestari Internasional.

Tahapannya dimulai dari limbah septic tank yang dikumpulkan dari warga akan dialirkan ke screen filter yang berfungsi untuk melakukan penyaringan kotoran. Ini dilakukan untuk memisahkan limbah padat dan cair. Hasil dari proses pengolahan dengan menggunakan teknologi ini dapat dikatakan bagus bahkan bisa mendekati portable water yang diistilahkan dengan air bersih.

Pengolahan hasil limbah ini bisa digunakan untuk penggunaan sehari-hari seperti mencuci kendaraan, menyiram tanaman sampai dengan digunakan pemadam kebakaran untuk penyedotan air. Eits tapi harus diperhatikan juga bahwa hasil olahan limbah ini tidak direkomendasikan untuk air minum. Mengapa ? karena hasil olah limbah ini belum berstandar keamanan pangan yang bisa dikonsumsi atau food grade.

Anda mungkin juga pernah mengalami ketika septic tank sudah disedot namun kloset di rumah tetap mampet? Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal antara lain : terjadinya sumbatan pada pipa kloset, kondisi septic tank yang sudah jenuh serta kondisi pipa kloset yang terlalu kecil sehingga udara pada saluran tidak terdistribusi dengan baik. Apabila terjadi pada sumbatan pipa, kemungkinan terbesarnya karena banyak benda yang tidak seharusnya dibuang ke dalam kloset antara lain tissue, pembalut untuk wanita atau benda lainnya. Terkadang juga ditemukan mainan anak yang membuat kloset anda tersumbat.

Anda harus menggunakan jasa plumber professional untuk mengatasi masalah tersebut. Hubungi team Roto Rooter sekarang di wilayah yang terdekat dari tempat anda dan dapatkan solusi terbaik dari team professional kami segera.

Happy Plumbing 