cara mengatasi wastafel mampet

5 Cara Mengatasi Wastafel Mampet Praktis dan Mudah Untuk Dilakukan

Penyebab wastafel mampet memang banyak, salah satu yang paling sering adalah karena adanya endapan kotoran yang menumpuk di pipa pembuangan. Jika hal ini terjadi maka yang pasti Anda lakukan adalah mencari cara mengatasi wastafel mampet. Ulasan berikut ini akan membahas tentang beberapa cara mengatasi wastafel tersumbat tersebut, seperti :

1. Menggunakan plunger

Cara mengatasi wastafel tersumbat yang pertama adalah dengan menggunakan plunger. Ini adalah salah satu alat yang paling umum digunakan, dan juga paling aman. 

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengisi wastafel dengan air, hingga setengahnya. Kemudian gunakan alat tersebut, tepat pada tutup pada lubang wastafel. Lakukan gerakan Tarik dan menyedot selama beberapa kali, agar menyedot kotoran yang ada di dalam wastafel itu sendiri. Lakukan secara perlahan, ketika air meluap, maka kotoran pun akan ikut terbawa. Anda dapat melakukan teknik tersebut selama beberapa kali, agar wastafel tidak lagi mampet. Jika sudah bersihkan dan keringkan wastafel tersebut. 

2. Menggunakan cairan lemon 

Adapun cara mengatasi wastafel mampet yang kedua adalah dengan menggunakan cairan lemon. Caranya adalah dengan memotong buah lemon menjadi 2 bagian, kemudian gosokkan pada pinggiran lubang lubang aliran air di wastafel tersebut. Lalu  peras air jeruk lemon, dari jeruk yang sudah dipotong tersebut, masukkan air perasan tersebut tepat di saluran pembuangan air. 

Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Berikutnya siram saluran pipa tersebut menggunakan air panas, dan gunakan juga plunger untuk menarik kotoran yang menyumbat.  

Yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan terlalu sering menyiram air panas ke saluran pembuangan, karena hal tersebut akan merusak pipa tersebut. 

3. Menghubungi jasa saluran air mampet  

Apabila beberapa cara diatas, masih belum mampu mengatasi wastafel yang tersumbat, jangan khawatir. Anda dapat menghubungi jasa wastafel mampet. Dengan menggunakan penyedia jasa seperti ini, maka saluran wastafel yang mampu dapat diatasi dengan mudah cepat, dan juga praktis. Saat ini orang lebih memilih menggunakan bahan kimia untuk membersihkan wastafel yang tersumbat, namun yang tidak banyak orang sadari adalah penggunaan terlalu sering, justru ternyata merusak saluran pipa pembuangan air pada wastafel itu sendiri.  Lain halnya ketika menggunakan jasa wastafel mampet tersebut, sudah pasti pihak penyedia jasa tahu bagaimana cara mengatasi wastafel mampet dengan baik, dan pastinya aman bagi saluran air tersebut.

Untuk itu, sebaiknya pilih jasa saluran mampet yang terpercaya, dan sudah mempunyai lisensi dengan standar ISO, seperti Roto-Rooter, di  rotorooter.co.id.

Dari ulasan diatas tentunya dapat disimpulkan, bahwa merawat saluran wastafel atau saluran kitchen sink, rumah, restoran dan yang lainnya terbilang penting. Dengan melakukan maintenance atau merawat secara teratur, pastinya membuat saluran air jadi tidak mudah mampet atau bahkan rusak. Apalagi jika Anda menggunakan penyedia jasa maintenance wastafel mampet yang tepat, maka masalah maintenance, hingga cara mengatasi wastafel mampet akan didapat secara lebih mudah, praktis, dan juga lebih cepat.