4 Cara Merawat dan Mengatasi Wastafel Mampet, Secara Praktis dan Mudah

4 Cara Mengatasi Wastafel Mampet, Praktis dan Mudah

Penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara merawat dan mengatasi wastafel mampet. Mengingat peralatan yang satu ini mempunyai fungsi penting di  dapur, seperti untuk mencuci berbagai macam bahan masakan dan juga mencuci aneka peralatan makan dan masak. Ulasan berikut akan membahas untuk Anda , bagaimana cara merawat dan mengatasi masalah wastafel mampet tersebut, yaitu :  

1. Bersihkan wastafel secara rutin

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan dalam merawat wastafel adalah dengan membersihkan wastafel secara rutin. Yang harus Anda bersihan dalam hal ini ada 2 macam, yaitu

  • Permukaan bak wastafel, sebaiknya bersihkan dan lap hingga kering, setiap kali selesai menggunakan wastafel tersebut.  
  • Bersihan selalu sisa kotoran yang menempel di permukaan saluran air, yang menuju pipa drainase air. Walaupun terbilang sepele, namun jika dibiarkan, kelak sisa makanan atau kotoran tersebut akan menumpuk di dalam ipa, dan membuat pipa drainase akan tersumbat.   

Pastinya dengan merawat dan membersihkan wastafel secara rutin, masalah wastafel tersumbat tentu dapat dihindari seminimal mungkin. Hal ini penting untuk ditekankan, terutama untuk Anda yang mempunyai bisnis dalam bidang Hotel, Restoran atau juga Café, yang kerap disingkat jadi HORECA.  

2. Jangan menumpuk peralatan kotor di wastafel

Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan adalah, jangan pernah menumpuk aneka peralatan kotor di wastafel. Walaupun terlihat sepele, namun ternyata, kebiasaan menumpuk aneka peralatan kotor tersebut, justru mengganggu proses pembuangan, dan membuat resiko wastafel tersumbat jadi semakin besar.

Jadi untuk mengatasi wastafel mampet, ada baiknya jika Anda tidak menumpuk aneka peralatan kotor terlalu lama di dalam wastafel.Jika hanya sementara, sambil membersihkan aneka kotoran yang ada di dalam peralatan yang akan dicuci , tentunya tidak masalah.   

3. Bersihkan menggunakan baking soda

Baking soda adalah salah satu bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah wastafel tersumbat. Dalam hal ini pastikan Anda menggunakan baking soda dan bukan soda api, lantaran bahan tersebut berbahaya, tidak hanya mampu membunuh bakteri berguna di saluran pembuangan, namun juga mampu merusak pipa pembuangan itu sendiri.  

Cara menggunakan baking soda ini juga tidak sulit. Cukup campurkan baking soda dengan air secukupnya. Kemudian aduk,hingga menyerupai pasta, dan oleskan pada permukaan wastafel. Terakhir bersihkan wastafel tersebut, dengan menggunakan air bersih atau juga air panas.

4. Merawat wastafel dengan jasa wastafel mampet

Terutama untuk Anda yang mempunyai bisnis di jenis HORECA, ada baiknya jika melakukan perawatan atau maintenance wastafel dan saluran pembuangan air secara rutin, dengan menggunakan jasa wastafel mampet. Dengan menggunakan jasa seperti ini, Anda dapat mengatasi saluran wastafel mampet secara lebih mudah dan praktis.

Tips tambahan untuk Anda, sebaiknya pilih penyedia jasa yang sudah mempunyai standar ISO, seperti yang ada pada  PT Roto Rooter, di rotorooter.co.id.

Mengatasi Wastafel Mampet? Jadi Pahlawan Mandiri dengan Trik Jitu Ini!

Menghadapi drama klasik wastafel mampet? Jangan khawatir, kita punya trik jitu! Pertama-tama, lakukan inspeksi mandiri dengan semangat DIY. Buka tutup wastafel dan hadapi musuh utama seperti sisa-sisa rambut atau ‘barang tak bermutu’. Jika rambut menjadi penyebab, gunakan kawat berujung runcing atau penyedot karet khusus wastafel. Namun, jika lawannya adalah ‘barang tak bermutu’, coba Ramuan Ajaib dengan campuran cuka dan soda kue. Biarkan reaksi kimia alami berlangsung dan saksikan keajaiban membersihkan saluran tanpa perlu panggil tukang ledeng mahal. Dengan trik ini, kamu bisa menjadi pahlawan mandiri di dunia wastafel mampet tanpa harus repot-repot menguras kantong dalam-dalam. Nikmati air yang mengalir lancar dengan cerdas dan kreatif!

Demikianlah beberapa tips penting yang perlu Anda perhatikan dalam merawat dan mengatasi wastafel mampet, secara simpel dan pastinya mudah untuk dilakukan.