saluran wastafel

Muncul Aroma Tidak Sedap Dari Saluran Wastafel? Berikut Solusinya

Aroma tidak sedap muncul di dapur rumah Anda? Bisa jadi bau tersebut muncul dari saluran wastafel akibat menumpuknya sampah sisa makanan, tentu saja hal ini sangat mengganggu kenyamanan seluruh anggota keluarga di rumah bahkan bisa berpotensi menyebabkan penyakit, tingginya intensitas penggunaan dapur setiap harinya menjadi salah satu alasan kondisi dapur kotor terlebih pada wastafel, agar terhindar dari bau tidak sedap coba simak cara mudah menghilangkan bau berikut.

Membuang Sisa Makanan Pada Tempatnya

Coba Anda perhatikan hal apa yang sering menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap pada wastafel dapur, pasti jawabannya adalah sampah sisa makanan yang tidak terurai dengan sempurna karena kurang pengelolaan yang baik.

Sebelum mencuci piring pastikan Anda membuang sisa makanan ke tempat sampah, jangan langsung sengaja membuangnya ke wastafel karena akan membuat wastafel mampet, meski ada jaring atau penahan kotoran agar tidak langsung masuk ke saluran pembuangan tapi tetap saja berpotensi menyumbat saluran, jika terjadi terus menerus maka jumlah sampah akan terus menumpuk hingga menimbulkan bau tidak sedap, selalu sediakan tempat sampah di dekat tempat cuci piring untuk memudahkan Anda atau anggota keluarga lain saat membuang sisa makanan.

Rutin Membersihkan

Meski tampilan luar wastafel terlihat bersih belum tentu saluran pembuangannya dalam keadaan bersih, bagian saluran pembuangan memang tidak mudah terlihat mata tapi Anda bisa membersihkan sisi-sisi lubang wastafel dari sisa kotoran menempel, rutin membersihkan wastafel minimal satu kali dalam seminggu atau setelah Anda selesai memasak, mungkin Anda merasa berat harus rutin membersihkan wastafel tapi dengan menjaga kebersihan akan membuat Anda lebih nyaman selama berada di dapur.

BACA JUGA:  Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan dalam Mengatasi Saluran Mampet

Bahan Yang Di Rumah

Sebagai pertolongan pertama sebelum memanggil jasa wastafel mampet Anda bisa mengatasi aroma tidak sedap dengan menggunakan bahan-bahan di rumah, cara ini bisa membantu mengatasi sumbatan penyebab aroma tidak sedap akibat minyak yang menumpuk terlalu lama di saluran pembuangan.

Cukup gunakan cairan sabun pencuci piring yang sudah dicampur air panas, tuangkan campuran tersebut ke saluran wastafel dan diamkan selama beberapa menit, setelah itu Anda bisa membilasnya dengan menyiramkan air beberapa kali hingga dirasa bersih, lakukan cara mudah ini setidaknya seminggu sekali.

Cairan Pembersih Khusus

Masih belum berhasil menghilangkan aroma tidak sedap yang muncul dari saluran pembuangan? Mungkin Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus berbahan bakteri organik seperti Drain Cleaner Product Roto-Rooter yang sudah banyak dijual online maupun offline, cairan pembersih ini dapat membantu menghancurkan timbunan lemak serta kotoran yang menempel pada area dinding pipa, dengan menggunakan cairan pembersih khusus bukan hanya kotoran saja yang hilang tapi juga membunuh kuman penyebab bau.

Jika Anda mengalami kesulitan menghilangkan bau dari saluran drainase ada baiknya menggunakan layanan dari Roto-Rooter, dengan penanganan yang baik dari tenaga profesional saluran wastafel bebas mampet bebas bau.