Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet

Cara Menggunakan Soda Api Untuk WC Mampet

Cara mengatasi WC mampet dengan soda api ataupun garam sudah sangat biasa. Karena, memang keduanya merupakan zat yang katanya paling ampuh untuk melakukan hal tersebut. Dimana soda api atau garam jika dipakaikan sesuai cara dan takaran yang pas, maka tentunya masalah WC mampet bisa teratasi. Namun perlu diketahui bahwa mengatasi wc mampet dengan penggunaan soda api juga memiliki resiko yaitu dapat merusak pipa (membuat pipa paralon penyok) karena efek bahan kimia panas yang ada didalam soda api. Selengkapnya baca informasi mengenai Soda Api untuk WC Mampet, Solusi Tepatkah atau Malah Berbahaya?

Fakta Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Bagi yang belum terlalu paham atau tidak pernah mendengar informasinya, perlu diketahui bahwa soda api untuk WC mampet adalah bukan solusi yang tepat. Karena, soda api bisa mengurai zat-zat yang terdapat di dalam WC jika terjadi penyumbatan. Beberapa fakta yang perlu diketahui untuk mengatasi WC dengan soda api, adalah:

Soda Api Membentuk Gelembung

Pada saat mengatasi WC mampet, soda api akan membentuk gelembung-gelembung yang justru berfungsi untuk menghancurkan penyumbat organik tersebut. Durasi reaksi yang didapat dari soda api tidak bisa dipastikan, hanya tergantung seberapa banyak Anda menggunakannya.

Tidak Ada Takaran Pasti

Memang menurut petunjuk penggunaan soda api untuk WC mampet, tidak ada takaran yang pasti untuk menggunakannya. Anda hanya perlu memperkirakan dan mengetahui lebih lanjut sejauh mana keparahan tersumbatnya WC tersebut.

Mulai dengan Sedikit

Jika sebelumnya dikatakan bahwa tidak ada takaran khusus dalam menggunakan soda api, maka mulailah dengan yang sedikit terlebih dulu. Meskipun wujudnya padat, tetapi soda api tersebut tidak akan pernah mengendap pada pipa saluran pembuangan. Jika sumbatan masih belum terselesaikan, baru Anda boleh menambahnya dengan yang lebih banyak.

BACA JUGA:  4 Cara Merawat dan Mengatasi Wastafel Mampet, Secara Praktis dan Mudah

Lebih Mudah Digunakan

Diketahui bahwa penggunaan soda api pada WC mampet memang jauh lebih mudah digunakan dibandingkan cara lainnya.

Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Menggunakan soda api untuk WC mampet memang bukan satu-satunya cara efektif, karena ada cara lain yang sama kuatnya yaitu dengan menggunakan garam. Adapun cara menggunakannya adalah:

  1. Pastikan dulu genangan air pada mangkuk WC tidak melebihi batas normal, tapi jika itu terjadi maka tunggu sampai airnya agak turun.
  2. Siapkan satu cangkir garam sebanyak 500 gram dengan jenis garam batu, dan tuangkan pada lubang WC.
  3. Jika menggunakan garam dapur, maka tambahkan juga bersama soda kue.
  4. Tuang juga 1 liter air mendidih pada lubang WC.
  5. Diamkan semalaman, atau paling cepat selama 8 jam.
  6. Gelontorkan dengan air pada WC sebanyak mungkin. Tujuannya mendorong sumbatan yang sudah mencair tadi masuk ke septictank. Jika masih terjadi penyumbatan, maka gunakan tongkat mangkuk karet untuk membantu mendorong penyumbat.

Begitulah informasi yang seharusnya, bahwa  soda api untuk WC mampet memang sebuah solusi yang sangat bagus, tapi menggunakan garam pun bukan cara yang buruk. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua cara tersebut dengan benar dan sesuai dengan kondisi Anda.

Perhatian. Jika masalah WC mampet sudah mendesak dan membutuhkan waktu yang cepat untuk segera di atasi, ada satu metode yang paling ampuh untuk mengatasi saluran WC mampet dan saluran mampet lainnya yaitu dengan cara mekanikal yang biasa dikerjakan oleh teknisi Roto-Rooter. Anda cukup hubungi Hotline Roto-Rooter maka teknisi segera datang mengatasi masalah saluran mampet Anda. Kepanikan Anda terobati dengan bantuan layanan cepat jasa saluran mampet Roto-Rooter.