cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar

3 Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Harus Bongkar dan Menggunakan Penyedot

Ada banyak sekali cara mengatasi WC mampet yang dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa harus menggunakan penyedot dan melakukan pembongkaran WC yang mampet ini memang menjadi salah satu permasalahan dalam rumah tangga yang lumayan meresahkan.

Hal ini karena penyumbatan pada WC dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap dan mengurangi rasa kenyamanan. WC mampet ini dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor dan paling banyak ditemukan adalah dengan membuang sampah ke dalamnya, misalnya pembalut, tisu dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mulai saat ini Anda bisa membiasakan untuk tidak membuang sesuatu ke dalam WC. Namun, jika semuanya sudah terlanjur Anda dapat menerapkan solusi WC mampet di bawah ini.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Mudah

Jika Anda mempunyai masalah WC mampet, maka beberapa cara mengatasi WC mampet ini dapat Anda terapkan namun pastinya akan lebih ampuh dengan cara mekanikal yaitu pembersihan saluran mampet dengan alat khusus dari Roto-Rooter. 

1. Menggunakan sabun cuci piring dan air panas

Mengatasi WC mampet dengan sunlight atau sabun cuci ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya harus menyediakan setidaknya 1 cangkir sabun cuci piring, air panas yang banyak dan juga sebuah handuk.

Letakkan handuk di lantai yang ada di sekitar WC agar bisa untuk melindunginya dari tumpahan air yang adi di dalam WC. Masukkan sabun cuci piring tersebut ke dalam WC dan diamkan untuk beberapa saat hingga sabun tersebut mengendap.

Sabun cuci piring ini memiliki fungsi untuk melicinkan pipa pada saluran WC agar nantinya benda yang menyumbat bisa mengalir ke dalam septic tank dengan mudah. Lalu, tuangkan air panas sebanyak-banyaknya tetapi jangan sampai nantinya air tersebut keluar dari dalam WC.

Selanjutnya, diamkan kurang lebih sekitar 20 menit baru Anda flush WC untuk melakukan pengecekan masih tersumbat atau tidaknya. Jika masih, Anda bisa menggunakan cara mengatasi WC mampet tanpa bongkar ini berulang sampai WC Anda kembali normal.

2. Manfaatkan soda api, namun tidak direkomendasikan!

Cara mengatasi WC mampet dengan soda api akan bekerja dengan cara melarutkan penyumbatan organik yang ada di dalam WC. Nama kimianya sendiri adalah Sodium Hidroksida atau Natrium Hidroksida (NaOH). Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di toko-toko yang menjual bahan kimia maupun toko bangunan.

Agar Anda nantinya saat Anda menggunakan aman dan terlindungi pakai terlebih dahulu sarung tangan dan masker penutup hidung, buka jendela serta pintu toilet. Baru pastikan air yang ada di dalam WC sudah surut.

Berikutnya, baru Anda tuangkan soda api ke dalam WC, tidak harus menambahkan air kembali karena nantinya soda api sudah akan bereaksi sendiri dengan air yang sudah ada di dalamnya. Biarkan kurang lebih 10-15 menit, periksa saluran air masih mampet atau tidaknya dengan cara menyiramkan air ke dalamnya.

Jika nantinya masih mampet, maka cara menggunakan soda api untuk WC mampet yang di atas dapat Anda ulangi dengan durasi 30 menit-1 jam, sampai nantinya sudah benar-benar lancar kembali.

Baca ini: Soda Api untuk WC Mampet, Solusi Tepatkah atau Malah Berbahaya?

3. Pakai garam batu

Cara mengatasi WC mampet dengan garam ini mungkin masih banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Garam ini nantinya mampu untuk melarutkan penyumbatan, seperti tisu dan juga kertas.

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan soda api untuk WC mampet, ketika akan menggunakan garam batu pastikan air yang ada di dalam WC sudah benar-benar surut dan tuangkan 500 gram garam batu ke dalam WC Anda.

Tuangkan sekitar 1 liter air panas ke dalam WC dan diamkan setidaknya 8 jam atau jika ingin hasil yang lebih bagus dapat semalaman. Baru siram air agar bisa membantu mendorong sumbatan yang sudah hancur. Anda dapat mengulanginya jika masih belum berhasil.

Barang-barang yang Tidak Boleh Dibuang dalam WC untuk Mencegah Mampet

Banyak rumah yang tidak menyediakan tempat sampah di dalam kamar mandi. Hal inilah yang membuat orang membuang benda maupun sampah tertentu ke dalam WC atau kloset. Mereka beranggapan jika benda tersebut bisa langsung terurai, tetapi nyatanya ini dapat menyebabkan WC mampet dan membuat Anda harus mencari obat WC mampet di Indomaret.

Lalu benda-benda apa saja yang sebenarnya tidak boleh dimasukkan ke dalam WC. Kita kutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah benda-benda yang tidak boleh dibiarkan masuk ke dalam kloset Anda:

1. Pembalut

Ada beberapa merek pembalut yang memberikan klaim aman WC dan juga saluran pembuangan. Klaim ini yang pada akhirnya membuat beberapa orang membuangnya ke dalam kloset duduk maupun WC. Pada hal pembalut ini akan menyerap air dan membuatnya mengembang dan akhirnya mengakibatkan kloset mampet.

2. Kotoran Kucing

Kotoran kucing ini sebenarnya berbeda dengan manusia. Ada beberapa ahli yang memberikan penjelasan, bahwa kotoran kucing ini dapat lebih mudah untuk membantu memasukkan parasit yang memiliki potensi berbahaya ke dalam pasokan air dan menyumbat pipa.

3. Tisu

Tisu toilet sebenarnya dibuat agar lebih mudah untuk larut ke dalam air dan tidak akan meninggalkan jejak. Sementara pada tisu dapur dan juga jenis tisu yang lainnya tidak akan dibuat dengan menggunakan cara tersebut.

Inilah nantinya yang bisa menimbulkan risiko untuk tersangkut pada saluran air. Walaupun demikian tidak disarankan untuk membuang tisu tersebut ke dalam kloset duduk karena bisa mengakibatkan saluran menjadi mampet.

4. Obat

Jika Anda membuang obat ke dalam kloset duduk bisa membuat bahan kimia yang ada di dalam obat tersebut masuk ke dalam pasokan air setelah keluar dari fasilitas pengolahan air limbah tersebut. Bahan kima ini nantinya bisa memberikan pengaruh kualitas air kolam,  sungai, danau dan juga satwa liar beserta tanaman yang meminum maupun menyerap air tersebut.

Selain itu, membuang obat ke ke dalam WC duduk bisa mengganggu keseimbangan pada bakteri yang ada di dalam septic tank dan mudah membuatnya rusak. Jadi Anda jangan sekali-kali membuang obat ke dalam kloset.

5. Perban

Ada beberapa jenis perban yang dibuatnya dari bahan plastik dan mudah terurai. Artinya ,perban yang nantinya Anda buang ke dalam WC duduk bisa membuatnya mencemari sistem pada air. Perekatnya juga bisa menempel ke dalam benda yang lainnya sehingga membuat saluran kloset menjadi tersumbat dengan berjalannya waktu.

6. Rambut

Membuang rambut ke dalam kloset ini juga bisa membuatnya menggumpal dan juga menempel pada pipa, yang pada akhirnya nanti membuat saluran air menjadi mudah tersumbat

7. Minyak kelapa

Hindari untuk membuang minyak kelapa ke dalam wastafel maupun kloset karena pada minyak kelapa ini mudah mengeras ketika terkena udara dingin dan membuat kloset lebih mudah tersumbat. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda membuang minyak kelapa ke dalam tong sampah dibandingkan nanti harus mencari cara mengatasi WC mampet.