cara mengatasi wc mampet dengan soda api

Begini Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Cara mengatasi WC mampet memang menjadi salah satu permasalahan rumah tangga yang kerap mengganggu. Umumnya, masalah ini dapat membuat penghuni rumah tidak nyaman karena aroma busuk yang berasal dari WC mampet. Lantas, bagaimana cara mengatasi wc mampet dengan soda api?

Cara alami yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah WC mampet tanpa bantuan jasa sedot WC. Salah satu bahan yang dapat digunakan yaitu soda api, namun tidak banyak yang mengetahu bahwa penggunaan soda api secara terus menerus dapat merusak pipa yaitu membuat pipa menjadi penyok karena disebabkan oleh bahan kimia panas yang ada di dalam kandungan soda api. Baca juga Soda Api untuk WC Mampet, Solusi Tepatkah atau Malah Berbahaya?

Soda api dikenal sebagai nama pasaran dari bahan kimia Sodium hidroksida atau Natrium hidroksida (NaOH). Soda api ini akan bereaksi dengan membentuk gelembung-gelembung yang bisa menghancurkan penyumbat organik. Berikut ini sudah ada rangkuman beberapa cara atasi wc mampet dengan soda api.

Perhatikan keselamatan diri

Soda api dikenal sebagai salah satu bahan kimia yang bersifat reaktif. Oleh sebab itu, penting sekali mengatur keselamatan diri saat menggunakan soda api sebagai bahan untuk mengatasi mampet WC.

Gunakanlah perlengkapan seperti sarung tangan karet, pelindung mata, serta masker. Selain itu, bisa buka pintu dan jendela kamar mandi agar aroma dari soda api tidak akan memenuhi keseluruhan ruang kamar mandi.

Pastikan air WC sudah pasang

Cara mengatasi wc mampet berikutnya, setelah keselamatan diri sudah terjaga memastikan udara di dalam WC dalam kondisi tidak terlalu penuh, apalagi saat meluap. Saat air di lubang WC masih penuh, maka bisa tunggu beberapa saat hingga air surut dan kembali seperti seharusnya.

Tuang soda api ke lubang WC

Reaksi soda api dengan air dingin. Saat air sudah langsung surut, evaluasi soda api setengah cangkir ke dalam lubang WC mampet dengan menggunakan penyendok berbahan plastik. Tekstur soda api itu sendiri merupakan padat dan mudah larut dalam udara. Sehingga tidak akan langsung mengendap di saluran pembuangan. 

Biarkan selama beberapa saat

Cara mengatasi wc mampet pakai soda api selanjutnya, jika berhasil menuangkan soda api ke lubang WC, maka diamkan selama sekitar 10-15 menit. Perlu juga Anda  ingat untuk jangan menambahkan air selamat agar soda api dapat bereaksi.

Dalam tahap seperti ini akan terdengar suara desahan dan diikuti panas dan gelembung yang muncul sebagai reaksi soda api.

Siram dengan udara yang cukup

Periksa apakah saluran WC yang terlihat masih mampet dengan menuangkan atau menyiram air ke dalamnya. Tidak boleh menggunakan air panas untuk ini. Kemudian, bisa gunakan air biasa yang ada di kamar mandi.

Apabila WC dirasa masih tersumbat, maka lihat kembali soda api dengan takaran yang lebih banyak dari sebelumnya. Kemudian, bisa  biarkan lebih lama sekitar 8 jam lebih.

Itu saja beberapa cara mengatasi wc mampet dengan soda api. Anda bisa mendapatkan bahan soda api di toko bahan kimia atau toko bangunan.

bahaya soda api untuk wc
service pipa mampet
Jasa wastafel mampet

5 Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Ribet

Sebenarnya ada beberapa video cara menggunakan soda api untuk wc mampet tanpa harus membongkarnya, baik untuk jenis toilet jongkok dan toilet duduk. Seperti yang Anda ketahui, WC mampet merupakan permasalahan rumah tangga yang memang cukup meresahkan. Mengapa demikian? Karena penyumbatan pada WC bisa mengeluarkan bau tak sedap dan sangat menganggu kenyamanan. WC mampet bisa disebabkan oleh banyak faktor baik itu sampah, tisu, tusuk gigi, dan lainnya. cara mengatasi wc mampet dengan soda api.

1. Menghindari Banyak Menyiram Air Pada WC

Selain menggunakan jasa WC mampet, Anda juga bisa mengatasi WC mampet dengan tidak menyiram terlalu banyak air. Cara tersebut dianggap sangat tidak tepat, karena air akan menyebabkan kotoran semakin menumpuk pada kloset. Semakin banyak kotoran dalam toilet yang tersumbat, maka WC mampet akan semakin sulit diatasi. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka WC akan mengeluarkan bau yang tidak sedap pastinya.

2. Menggunakan Gantungan Baju

Cara mengatasi WC mampet ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan gantungan baju lho! Benda-benda keras seperti gantungan baju bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi WC mampet. Bagaimana caranya? Mudah kok, Silahkan potong gantungan baju yang sudah tidak terpakai kemudian luruskan kawat tersebut.

Anda bisa mempraktekkannya tanpa harus menunggu air surut. Silahkan tarik benda keras yang nantinya menyumbat, kemudian siram perlahan dengan menggunakan air. Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam menarik menggunakan benda keras karena WC bisa saja tergores. Kalau bisa gunakan saja gantungan baju yang terbuat dari plastik agar lebih aman.

3. Menggunakan Kawat Gantungan Baju

WC mampet bisa diatasi dengan memanfaatkan gantungan baju. Silahkan potong kawat gantungan baju kemudian luruskan untuk menunggu air surut. Tarik benda yang keras kemudian tambahkan air. Coba cara tersebut beberapa kali untuk bisa mengatasi WC tersumbat. Namun, gantungan baju tentunya bisa menggores porselen WC, oleh sebab itu gunakan kawat yang berlapis plastik agar lebih aman dan tidak merusak WC.

4. Menggunakan Jasa Sedot WC Profesional

Jasa sedot WC akan membantu Anda melakukan penyedotan dengan menggunakan peralatan dan teknik yang memadai. Walaupun perlu mengeluarkan biaya, namun solusi ini paling banyak dipilih karena pasti berhasil mengatasi. Jika beberapa cara diatas tidak mampu mengatasi, bisa langsung menggunakan jasa saluran mampet https://rotorooter.co.id/ atau PT Roto Rooter Perkasa. Perusahaan sudah lama berpengalaman mengatasi WC mampet akibat banyak faktor.

5. Memanfaatkan Air Panas

Cara mengatasi WC mampet yang berikutnya dengan memanfaatkan air panas. Mungkin banyak yang belum tahu kalau air panas bisa membantu meluruhkan kotoran atau benda asing lain yang bisa menyumbat saluran WC. Bagaimana caranya? Coba siapkan air panas, lalu tuangkan saluran pembuangan dan diamkan selama 15 menit. Setelah beberapa menit, Anda bisa amati kotoran yang membuat WC tersumbat.