Roto Rooter Jasa saluran mampet

Jasa Saluran Mampet: 7 Cara yang Tidak Direkomendasikan untuk Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Roto-Rooter – Bagaimana jika saluran air milik anda tersumbat? Jangan panik, dan segera hubungi jasa saluran mampet untuk membantu mengatasi saluran air mampet. Sumbatan pada saluran pembuangan air kerap terjadi dirumah, restoran, cafe, hotel (HORECA), pabrik industrial maupun tempat umum lainnya. Biasanya saluran pembuangan yang rawan terjadi sumbatan adalah floor drain, tempat cuci piring dan wastafel.

Penyebab Saluran air Tersumbat

Tahukah anda apa yang menjadi penyebab pembuangan air mampet? Diantaranya karena sisa-sisa makanan, kotoran, rambut, serpihan sampah, serta, minyak dan lemak. Keduanya memiliki sifat yang tidak bisa bercampur dengan air, maka minyak dan lemak tersebut lambat laun akan memadat dan melekat di dinding pipa. Jika ini terus dibiarkan, minyak dan lemak yang menempel akan membuat pipa tersumbat.

Ciri-ciri Saluran air Tersumbat

Sebelum meminta bantuan ke jasa saluran mampet terdekat, sebaiknya kenali dulu ciri-ciri saluran air yang tersumbat, seperti:

  1. Terdengar suara berdeguk saat saluran di ruangan lain sedang digunakan.
  2. Air buangan mengalir dengan lambat ke saluran pembuangan atau bahkan tidak bisa masuk ke dalam saluran pembuangan.
  3. Tercium bau yang tidak sedap dari saluran pembuangan.

Cara yang Tidak Boleh Dilakukan untuk Mengatasi Saluran Air yang Mampet 

Berikut solusi saluran air mampet yang tidak boleh anda lakukan. Mengapa? karena penggunaan bahan kimia dibawah ini bisa merusak pipa jika digunakan secara terus-menerus. Apa saja bahan kimia yang dimaksud? Ini ulasannya:

Kombinasi antara air panas dan sabun cuci piring

Penggunaan sabun cuci piring ini dapat mengatasi penyumbatan pipa air karena minyak dan lemak. Cara pengaplikasiannya, cukup tuangkan sedikit sabun cair pada saluran yang tersumbat.

Kemudian, bilas dengan air mendidih. Jika anda khawatir akan terjadi penyumbatan di kemudian hari, anda disarankan untuk melakukan proses ini setidaknya satu kali dalam seminggu.

Campuran cuka dan baking soda 

Cuka memiliki sifat asam, sedangkan baking soda bersifat basa murni. Campuran antara keduanya akan menghasilkan reaksi kimia berbentuk gelembung yang ampuh sebagai cara ampuh mengatasi saluran mampet. Cara mengaplikasikannya:

  1. Tuangkan satu cangkir baking soda ke saluran pembuangan air yang tersumbat.
  2. Setelah itu, bilas dengan dua cangkir air mendidih dan tunggu beberapa menit.
  3. Lalu, tambahkan secangkir baking soda dan ikuti dengan secangkir cuka.
  4. Langkah terakhir, bilas menggunakan dua cangkir air mendidih ketika gemuruh dan juga buih sudah menghilang

Gunakan air panas dan garam

Pertama-tama, siapkan setengah gelas garam. Lalu, tuangkan ke dalam pipa yang mampet. Disamping itu, didihkan 2 liter air dan tuangkan ke dalam saluran pembuangan. Jika sudah, jangan lupa alirkan air untuk membilas pipa. Pastikan ketika anda menuang air panas, air harus mengalir lurus agar tidak terciprat.

Lakukan proses ini berkali-kali hingga saluran air tidak lagi tersumbat. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menambah setengah gelas air garam dan bilas menggunakan air panas.

Menggunakan jus lemon

Jus lemon yang anda campurkan dengan baking soda ternyata juga bisa mengatasi mampet saluran air. Dibawah ini cara menggunakannya:

  1. Tuangkan campuran jus lemon dan baking soda ke dalam pipa pembuangan.
  2. Tunggu atau diamkan selama 30 menit.
  3. Selanjutnya, tuangkan baking soda dan tinggalkan semalaman.
  4. Keesokan harinya, bilas saluran pembuangan menggunakan air panas.
BACA JUGA:  Jangan Salah Pilih, Kenali Tukang Ledeng Terdekat Anda

Pemutih baju

Jasa saluran mampet terdekat, saat memutuskan untuk mengaplikasikan pemutih baju, pastikan tidak ada cairan yang mengenai tangan anda, serta lakukan di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Tuang pemutih baju sekitar 200 ml ke dalam saluran air.
  2. Diamkan selama 5-10 menit.
  3. Setelah itu, bilas dengan sedikit air secara berkala sampai bersih dan tidak tercium bau pemutih.

Pembersih berbahan kimia

Jasa saluran mampet, cara lain untuk menyelesaikan saluran mampet adalah menggunakan pembersih berbahan kimia. Produk ini memang dirancang untuk melonggarkan saluran pembuangan air mampet. Timbunan kotoran dan lemak yang menempel di dinding pipa akan hancur ketika anda menuangkannya.

Tidak hanya itu saja, pembersih berbahan kimia juga mampu membunuh kuman penyebab bau yang tidak sedap. Apabila penyumbatan masih terjadi setelah tuangan pertama, maka ulangi lagi sambil menggunakan alat khusus untuk mendorong kotoran dalam pipa.

Soda api 

Meskipun memiliki sifat korosif, tanpa disangka soda api mampu menyelesaikan masalah saluran air mampet. ini caranya:

  1. Siapkan air panas terlebih dahulu.
  2. Pakai masker dan sarung tangan untuk melindungi anda.
  3. Tuang soda api pada saluran air yang tersumbat.
  4. Tuang juga air panas secara perlahan.
  5. Lakukan secara terus menerus sampai saluran air kembali lancar.

Tunggu minimal 5-6 jam agar bahan tersebut bisa bereaksi.

Tips Menjaga Saluran Air Agar Selalu Lancar

Jasa saluran mampet terdekat, untuk menghindari hal buruk dan merugikan akibat mampetnya saluran air, berikut tips menjaga saluran air agar selalu lancar, antara lain:

Membersihkan lubang saluran air secara rutin

Menyangkutnya rambut dan sisa makanan pada saluran pembuangan sering kali tidak dapat dihindari. Oleh sebab itu, anda disarankan untuk membersihkan lubang atau ujung pipa saluran air setiap seminggu sekali.

Gunakan cairan desinfektan untuk membasmi kuman dan bakteri penyebab penyakit yang bersarang di dalamnya. Jasa saluran tersumbat, disamping itu anda juga bisa memasang filter pada bagian lubang saluran floor drain dengan tujuan mencegah masuknya benda-benda berukuran besar ke dalam saluran air.

Pastikan tidak ada masalah pada sistem pemipaan

Kotoran di dalam saluran air umumnya rawan tersangkut di area belokan. Nah, untuk mencegah hal tersebut, terapkanlah sistem pipa belok Y dengan kemiringan kurang dari 45 derajat. Jika anda menggunakan sistem pemipaan pipa belok T dengan kemiringan tepat 45 derajat justru malah lebih mudah tersumbat.

Mengapa demikian? jasa saluran air mampet dalam sistem pemipaan saluran air, semakin miring semakin lancar alirannya. Tetapi, anda juga tidak disarankan terlalu banyak memasang belokan.

Lalu, bagaimana jika sistem pemipaan anda lurus dalam satu jalur saja? terlepas dari anda yang menggunakan pipa berkualitas, peremajaan tetap perlu dilakukan. Dengan kata lain, sebaiknya pipa saluran air diganti sepuluh tahun sekali.

4 Tips Mengatasi WC Mampet dan Cara Memilih Jasa WC Mampet yang Tepat!

Menggunakan pipa yang tepat

Pipa juga bisa menjadi sumber saluran air tersumbat. Sebagai jasa mampet terpercaya, pilihlah pipa yang berkualitas dan terbuat dari resin murni yang memiliki tampilan luar tidak mengkilap.

Karena pipa yang terlihat mengkilat biasanya bahan dasarnya mengandung campuran aditif yang mana dapat menyebabkan pipa saluran air mudah retak dan pecah. Perhatikan juga bagian dalam pipa, yakni dengan cara memilih pipa saluran dengan permukaan dalam yang halus dan licin.

Itu tadi pembahasan mengenai penyebab dan cara yang tidak direkomendasikan untuk mengatasi saluran air yang tersumbat. Jika masalah yang terjadi pada saluran air anda sudah memasuki level serius, tidak ada salahnya anda segera memanggil jasa saluran mampet.

Bagi anda yang membutuhkan jasa saluran mampet, segera kunjungi website www.rotorooter.co.id, yang berada dibawah naungan PT Roto Rooter Perkasa