solusi saluran air mampet

Aliran Air Tersumbat? Inilah Solusi Saluran Air Mampet Hanya untuk Anda

Saluran pembuangan air sangat mudah tersumbat, apalagi dengan aktivitas dapur restoran yang sangat sibuk dan selalu menggunakan air untuk mencuci ataupun membersihkan berbagai macam perabotan memasak. Jika sumbatan dibiarkan, maka akan terjadi kekacauan di dalam dapur.

Oleh karena itu, Anda harus menemukan solusi saluran air mampet agar tidak mengganggu aktifitas dapur.

Penyebab Tersumbatnya Saluran Air

Sebenarnya apa yang membuat saluran air bisa tersumbat? Untuk berbagai aktivitas dapur yang cukup sibuk, biasanya wastafel memang digunakan untuk membersihkan perabotan maupun peralatan makan seperti panci, kuali, piring, gelas, dan lainnya. Jadi jelas sekali, dua hal yang bisa membuat tersumbatnya saluran air yaitu,

Sisa makanan

Saat Anda mencuci peralatan makan, biasanya ada sisa-sisa makanan yang tertinggal. Jika Anda tidak membuang sisa makanan tersebut ke tempat sampah terlebih dahulu,  sisa makanan sekecil apapun bisa masuk ke dalam saluran air, menumpuk di dalam pipa, dan akan menyumbat saluran air.

Lemak dan minyak

Selain kotoran sisa makanan, lemak dan minyak juga bisa menjadi penyebab tersumbatnya aliran air. Mencuci perabotan yang penuh dengan sisa minyak maupun lemak dari masakan, kemudian membuangnya ke saluran pembuangan tentu akan membuat lemak dan minyak tersebut memadat dan menumpuk di dalam pipa air. Jika dibiarkan terus begitu, penumpukan lemak padat akan semakin bertambah dan pastinya akan menyumbat saluran air.

Oleh karena itu, demi menjaga kebersihan dapur restoran, Anda perlu memperhatikan peralatan makanan dan juga perabot memasak saat di cuci. Agar sumbatan pada pipa tidak semakin menumpuk setiap harinya, Anda perlu melakukan beberapa hal yang aman sebagai langkah pencegahan mampetnya saluran air, diantaranya adalah

  • Rutin membersihkan wastafel dapur, paling tidak seminggu sekali Anda perlu membersihkannya.
  • Untuk mencegah kotoran sisa makanan masuk ke dalam saluran air, sebaiknya pada lubang wastafel dipasang saringan, dan Anda harus rajin membuangnya saat saringan tersebut sudah penuh.
  • Jangan sekali-sekali membersihkan saluran air menggunakan bahan-bahan kimia seperti soda api, cuka, garam, dan bahan kimia lainnya karena bisa menimbulkan karat pada saluran pembuangan.
BACA JUGA:  Bagaimana Cara Menggunakan Soda Api? Berikut Penjelasannya!

Jika Anda sudah berupaya membersihkan wastafel secara rutin dan mencegah kotoran sisa makanan masuk ke saluran air, namun saluran air sudah terlanjur mampet, bahkan sampai tercium bau tidak sedap, ada air kotor yang meluber, air tidak mau mengalir dan menggenang di wastafel, solusi paling tepat yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi jasa saluran mampet yang sudah berpengalaman. PT Roto Rooter siap memberikan pelayanan terbaiknya untuk mengatasi sumbatan pada saluran air.

Itulah beberapa solusi saluran air mampet yang bisa Anda lakukan, ingat untuk tetap menjaga kebersihan dapur dan juga wastafel.