saluran pembuangan air mampet

Penyebab Saluran Pembuangan Air Mampet

Ketika saluran pembuangan air mampet tentu menjadi sebuah masalah yang harus segera ditangani. 

Karena mampetnya saluran pembuangan ini dapat menyebabkan banyak sekali masalah pada sistem drainase. Berikut adalah penjelasannya. 

Merawat Pipa Saluran Pembuangan Itu Penting!

Limbah rumah tangga menjadi salah satu masalah yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Hal ini karena rumah tangga menjadi salah satu produsen limbah terbanyak. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa setiap harinya hampir setiap rumah menghasilkan limbah yang berasal dari saluran pembuangan, khususnya limbah dapur dan juga kamar mandi.

Karena dapur dan kamar mandi digunakan setiap hari, maka penting rasanya untuk menjaga kebersihan serta merawat pipa saluran pembuangan air secara rutin. Tujuannya adalah agar meminimalisir adanya penumpukkan kotoran pada saluran pembuangan air tersebut.

Sebenarnya saluran pembuangan air mampet sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Hal ini karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab mampetnya saluran pembuangan air ini? Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Saluran pembuangan air menjadi lambat sehingga pembuangan akan cepat penuh
  • Saluran pembuangan air mampet sehingga air akan menggenangi sink atau wastafel
  • Jika air menggenang maka akan lebih rawan kuman dan bakteri karena sink selalu lembab
  • Akan muncul bau tak sedap berasal dari mampetnya saluran pembuangan air 

Dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas maka sudah bisa disebabkan mengapa menjaga kebersihan saluran pembuangan air sangatlah penting. Fungsi pintar dengan sepele namun beserta alasannya sangat berpengaruh terhadap kebersihan dan kenyamanan anda sendiri.

BACA JUGA:  Jasa Saluran Mampet: 7 Cara yang Tidak Direkomendasikan untuk Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Faktor Penyebab Saluran Pembuangan Air Mampet

Tahukah anda bahwa sebenarnya saluran pembuangan air mampet itu tidak mungkin terjadi tanpa sebab. Artinya ada faktor – faktor yang menjadi pemicu dan mungkin selama ini tidak anda sadari. Berikut ini adalah beberapa faktor yang umumnya menyebabkan saluran pembuangan air menjadi mampet.

Sisa Makanan

Faktor penyebab yang dapat membuat saluran air mampet adalah sisa makanan. Sehingga sebelum mencuci piring atau peralatan dapur, ada baiknya anda membuang sisa – sisa makanannya lebih dulu.

Lemak Dan Minyak

Piring atau peralatan masak bekas makanan berminyak dan berlemak ternyata juga memicu saluran pembuangan air menjadi mampet. Hal ini karena minyak dan lemak makanan tersebut bisa mengeras dan mengendap ketika terpapar suhu yang dingin. Sehingga sebelum mencucinya di sink, sebaiknya buang sisa makanan yang masih menempel ke tempat sampah serta lap dengan tissue terlebih dahulu.

Rambut

Saluran pembuangan air yang ada di kamar mandi juga rawan mampet. Hal ini karena saat keramas tentu selalu ada rambut yang rontok. Jika dibiarkan menumpuk maka akan menyebabkan mampetnya saluran pembuangan air.

Sebenarnya masih banyak sekali faktor lain yang juga dapat menyebabkan saluran pembuangan air mampet. Hanya saja ketiga faktor diatas merupakan faktor terumum yang paling sering terjadi dan disepelekan.

Namun tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak jasa saluran mampet yang dapat membantu mengatasi masalah saluran pembuangan air mampet. Dan salah satu jasa yang direkomendasikan adalah PT Roto Rooter yang bisa dilihat profilnya melalui website berikut rotorooter.co.id.