jasa mampet

5 Pentingnya Merawat Saluran Pembuangan Air, Tips dan Jasa Mampetnya

Jika kamu ingin memiliki hunian yang nyaman, tentunya merawat pipa saluran pembuangan air menjadi salah satu cara penting yang perlu dilakukan. Meskipun saat terjadinya mampet Anda bisa memanggil jasa mampet, tetapi Anda juga bisa merawat saluran pembuangan air secara mandiri di rumah.  Merawat pipa saluran pembuangan air pun sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu konsisten dan melakukannya dengan benar. 

Kenapa Penting Merawat Pipa Saluran Pembuangan Air?

Pipa saluran pembuangan air memiliki peran penting untuk menghadirkan kenyamanan di dalam rumah. Apabila terjadinya penyumbatan, maka dapat menjadi sumber masalah kebersihan di dalam hunian Anda, seperti menimbulkan bau tidak sedap dan genangan air yang mengandung bakteri/kuman yang berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda. Oleh karena itu, dengan merawat pipa saluran pembuangan air, artinya Anda menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam rumah.

5 Tips Merawat Pipa Saluran Pembuangan Air

Supaya pipa saluran pembuangan air di rumah Anda sehat dan terjaga dengan baik, maka diperlukan perawatan secara rutin. Perawatan tersebut di antaranya:

Bersihkan Lubang Pembuangan 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan ialah membersihkan lubang pembuangan yang sering kali ada berbagai benda, seperti rambut dan kotoran lainnya masuk ke dalam saluran air. Anda perlu membersihkannya minimal seminggu sekali. 

Pasang Filter Air pada Ujung Pipa

Supaya dapat mencegah berbagai benda atau sampah masuk ke dalam pipa air, maka gunakan pasang filter di ujung pipa air. Dengan begitu, saluran air Anda tidak akan mudah untuk mengalami mampat.

Menggunakan Jasa Mampet Profesional

Apabila saluran pembuangan Anda terlanjur mengalami mampet, maka sangat penting untuk segera diatasi dengan menggunakan jasa yang telah profesional. Pastinya, jasa saluran mampet berpengalaman, seperti PT Roto Rooter memiliki tenaga kerja yang ahli dibidangnya. Dengan begitu, masalah saluran air Anda dapat segera teratasi dengan baik.

Menggunakan Produk Pipa yang Tepat

Umumnya, pipa memiliki material yang berbeda-beda yang mana kualitasnya pun berbeda-beda. Pilihlah pipa dengan kualitas terbaik yang terbuat dari resin murni. Selain itu, Anda perlu memperhatikan bagian dalam pipa, apakah memiliki permukaan yang halus dan licin. Pasalnya, dengan permukaan tersebut dapat memperlancar aliran air limbah dan menghindari kotoran yang menempel. 

Tak hanya itu, perhatikan pula diameter pipa. Pastikan ukurannya tidak terlalu kecil . Idealnya pipa saluran air halus memiliki diameter 4 inci.

Membersihkan Selokan 

Anda perlu membersihkan saluran air secara berkala, minimal setiap enam bulan sekali. Membersihkan selokan pun terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu menuangkan air pada ke dalam saluran pembuangan. Anda juga bisa menggunakan kawat spiral dengan ujung berserabut.

Itulah, beberapa tips dalam merawat pipa saluran pembuangan air yang bisa Anda terapkan di rumah. Pastikan, Anda memilih jasa pembersih pipa saluran air atau jasa mampet yang profesional dan berpengalaman, agar pipa Anda tetap sehat dan terjaga.