mengatasi saluran mampet

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan dalam Mengatasi Saluran Mampet

Saluran air adalah bagian rumah yang jarang dibersihkan karena posisinya yang tidak langsung terlihat dan biasanya berada di bawah tanah. Hal ini seiring waktu membuat saluran air tanpa disadari akan tersumbat limbah dan kotoran yang menumpuk. 

Mengatasi saluran mampet memang sepatutnya diserahkan pada jasa saluran mampet yang terpercaya. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan sendiri dalam menangani permasalahan saluran air. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk merawat saluran pembuangan air di rumah Anda.

Memastikan Sampah Tidak Masuk Saluran Air

Hal termudah yang dilakukan untuk mengatasi saluran mampet adalah memastikan tidak ada sampah yang tak sengaja masuk ke saluran pembuangan air. Terutama untuk di wastafel dan dishwasher, buang terlebih dahulu sampah yang berukuran besar ke tempat sampah yang semestinya sebelum mencuci. 

Sisa makanan dan bahan masakan adalah sampah yang paling sering masuk dan menyumbat aliran air di pipa pembuangan. Potongan sayuran yang tidak dipakai, tulang dari daging dan ikan, maupun hasil kupas bawang-bawangan lambat laun bisa menjadi penyebab tersumbatnya saluran pembuangan air.

Selain limbah bahan masak dan makanan, hal yang luput diatasi sebagian orang adalah cara membuang limbah minyak goreng dan lemak. Jangan pernah membuang limbah minyak goreng dan lemak ke tempat mencuci supaya tidak akan menumpuk dan mengeras setelah beberapa waktu.

Memasang Floor Drain

Apabila Anda tidak bisa menangani sendiri sampah sepenuhnya agar tidak masuk ke saluran air, maka Anda bisa mencoba memasang floor drain. Alat ini berfungsi untuk menjadi penyaring di atas saluran pembuangan air. 

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengatasi Saluran Air Mampet

Floor drain mudah ditemukan di toko perkakas terdekat maupun dibeli secara online. Dengan memasang penyaring tambahan ini, maka sampah yang tidak sengaja masuk ke saluran air akan disaring sekali lagi oleh floor drain sekali lagi sebelum airnya masuk ke saluran yang lebih dalam.

Tidak Menggunakan Soda Api

Banyak artikel dan obrolan di tengah masyarakat yang menyebut cara efektif untuk mengatasi saluran mampet dengan menggunakan soda api. Kenyataannya menggunakan soda api bukan cara yang tepat. Tips dari jasa saluran tersumbat terpercaya, Roto-Rooter, ada dampak buruk dari penggunaan soda api.

Soda api yang digunakan dapat membunuh bakteri organik yang terdapat di dalam pipa saluran pembuangan air. Reaksi yang disebabkan oleh soda api juga dapat membuat pipa meleleh dan rusak. Bukannya mengatasi saluran yang tersumbat, penggunaan bahan ini malah akan mengganggu siklus air di rumah Anda.

Beberapa hal di atas adalah tips yang bisa Anda ikuti dalam mengatasi saluran mampet di rumah Anda. Apabila kondisi tersumbatnya semakin buruk, Anda bisa menggunakan jasa pembersihan pipa saluran air seperti Roto-Rooter yang saat ini sudah buka di beberapa cabang di Indonesia.