soda api untuk wc mampet

6 (enam) Kerugian Penggunaan Soda api untuk wc mampet

Kemungkinan masih banyak yang belum tahu tentang risiko penggunaan soda api untuk wc mampet. Ada yang ingin menempuh jalan yang dirasa mudah dan cepat untuk mengatasi masalah penyumbatan wc atau wastafel dengan menggunakan bahan kimia seperti soda api. Padahal itu bahaya. Berikut ini adalah kerugian dan bahaya soda api untuk wc.

Bahan Kimia Berbahaya

Soda api atau Natrium Hidroksida (NaOH) adalah salah satu bahan berbahaya yang sayangnya sering kali digunakan sebagai salah satu cara pintas untuk mengatasi masalah penyumbatan saluran. Bahan kimia soda api ini sangat cepat dan mudah bereaksi dengan air. Sifatnya menimbulkan panas. Penyimpanannya harus dilakukan dengan ekstra hati-hati di rumah apalagi jika ada anak kecil. Jangan sampai ditemukan dan mengenai anak-anak. Sangat besar risikonya.

Merusak Pipa

Bahan kimia seperti soda api akan membahayakan dan bersifat merusak benda-benda yang terkena. Jadi selain menghilangkan aneka benda dan kotoran sumbatan wc maka juga akan mengenai dan merusak saluran wc atau wastafelnya mencapai bagian pipanya.

Bagian pipa salurannya akan melepuh. Lalu apabila penggunaan soda api dilakukan dengan secara terus menerus maka hal ini akan bisa membuat pipa menjadi bengkok lalu bisa hingga menjadi pecah dan rusak. Pipa yang dilewatinya akan menjadi bolong-bolong dan menjadi rapuh. Hal ini karena memang sifat soda api yang panas. Sehingga bukan solusi tang tepat. Alih-alih berhemat namun justru harus keluar uang lebih banyak untuk membayar penggantian pipa saluran wc yang rusak.

Mengubah Warna, Meninggalkan Noda

Penggunaan soda api juga akan menimbulkan noda kuning pada bagian permukaan kloset atau wc toilet. Lalu noda tersebut akan sulit dihilangkan. Hal ini akan sangat mengganggu pemandangan dan menimbulkan kesan kusam atau kotor. Sehingga lalu justru timbul biaya untuk menggantinya dengan yang baru.

Melumpuhkan Bakteri Pengurai Limbah

Pemakaian soda api untuk mengatasi masalah wc mampet juga merugikan, karena sifatnya yang keras dan panas juga bisa membunuh bakteri koloni yang ada dalam septic tank. Hal ini lalu akan menghambat dan menyulitkan proses penguraian limbah kotoran.

Risiko Membahayakan Kulit

Penggunaan soda api akan menimbulkan gelembung serta juga uap panas juga yang akan muncul begitu bahan soda api terkena air dan lalu bereaksi dengan air. Perlu diwaspadai agar tidak sampai sampai menyentuh atau terkena kulit. Hal ini karena sifat korosifnya sehingga jika kulit terkena gelembung soda api maka akan membuat kulit menjadi teriritasi, berwarna merah dan terbakar. Menimbulkan rasa perih dan sakit. Sehingga sebaiknya pergunakan sarung tangan dari plastik yang tebal.

Bisa Meracuni dan Berbahaya Saat Terhirup

Menggunakan soda api untuk atasi penyumbatan pada wc atau wastafel dapur juga beririko bisa membuat keracunan dan berbahaya jika uapnya sampai terhirup dan mengganggu pernafasan. Sehingga perlu menggunakan masker yang rapat dan cukup tebal pada saat membersihkan sumbatan di toilet menggunakan soda api.

Akan lebih baik jika tidak menggunakan soda api dan memanggil jasa WC mampet yang memang ahli dalam mengatasi sumbatan pada channel pembuangan.