soda api merusak pipa paralon

Waspada, Soda Api Merusak Pipa Paralon! Yuk Temukan Jawabannya Di Sini!

inspeksi pipa dengan kamera

Soda api merusak pipa – Soda api merupakan salah satu bahan kimia yang dijual bebas di pasaran. Umumnya, bahan ini digunakan untuk membersihkan pipa dan WC yang mampet. Namun, apakah soda api merusak pipa paralon? Yuk simak penjelasan mudah di bawah ini.

Apa itu Soda Api?

Soda api adalah nama lain Natrium Hidroksida(NaOH) yang dinenal juga sebagai alkali. NaOH memiliki sifat korosif. Untuk bentuknya sendiri beragam, namun yang paling umum berbentuk padatan putih layaknya lili, dengan sifat yang mudah menyerap air dan membentuk larutan pada air.

NaOH sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat sabun, lilin, kaca frosting, biodiesel. Tak salah jika bahan kimia ini sering digunakan untuk menangani WC atau pipa yang mampet, karena ampuh melarutkan kotoran membandel dalam sekali pakai.

Apakah Soda Api Merusak Pipa Paralon?

Cara mengatasi WC mampet dengan soda api memang sering digunakan banyak orang, karena dinilai ampuh dan tidak memakan banyak biaya. Namun, ternyata penggunaan produk ini tidak serta merta baik digunakan dalam jangka panjang.

Jika digunakan pada pipa logam, maka akan menimbulkan reaksi kimia sehingga meningkatkan tekanan dalam pipa. Jika tekanan berlebihan, maka kerusakan yang terjadi akan semakin besar pula, efeknya akan memperpendek usia penggunaan pipa tersebut.

Hal tersebut juga berlaku pada penggunaan pipa PVC. Untuk itu, tidak disarankan menggunakan soda api secara rutin pada pembersihan WC, wastafel maupun pipa lainnya yang mampet mengingat bahaya soda api untuk WC. Selain itu, soda api memiliki sifat keras, sehingga bisa menyebabkan iritasi serius jika sampai mengenai kulit atau mata, sehingga diperlukan kehati – hatian ketika menggunakan bahan ini.

Tips Aman Menggunakan Soda Api

Bagi anda yang tetap ingin menggunakan soda api, berikut kami bagikan tips aman menggunakannya antara lain yaitu:

1. Gunakan Pelindung

Untuk mencegah berbagai jenis iritasi seperti rasa terbakar dan perih, pastikan anda menggunakan alat pelindung yang lengkap mulai dari sarung tangan, masker, alas kaki bahkan bila perlu celemek. Pastikan alat pelindung tersebut berbahan tebak dan berkualitas tinggi.

2. Mengamankan Ruangan

Soda api merupakan bahan berbahaya yang bisa menyebabkan panas dan mudah terbakar, untuk itu selama penggunaannya pastikan kondisi ruangan terbuka dan aman, jauhkanlah benda – benda seperti gas, korek api atau minyak yang mudah terbakar demi keselamatan anda. Selain itu, jauhkan juga dari jangkauan anak – anak.

Setelah membaca penjelasan di atas, sudah tentu terjawab sudah pertanyaan mengenai apakah soda api merusak pipa paralon? Untuk itu, mulai sekarang rawatlah saluran pipa anda agar tidak mampet ya. Jika memang terjadi kemampetan, pastikan anda menggunakan produk yang aman dan tidak membahayakan, bila perlu memanggil teknisi untu menangani kasus tersebut.